Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Colok iPhone 7 ke MacBook Pro Perlu Biaya Ekstra

Kompas.com - 31/10/2016, 14:07 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna iPhone 7 yang ingin membeli MacBook Pro keluaran terbaru bakal membutuhkan biaya ekstra. Pasalnya, ponsel dan laptop itu membutuhkan alat tambahan (adapter) agar bisa terhubung.

MacBook Pro terbaru memiliki empat port USB, namun seluruhnya merupakan tipe C. Sedangkan dalam paket pembelian iPhone 7 atau 7 Plus, pengguna cuma mendapatkan kabel lightning to USB tipe A saja.

Artinya, bila pengguna iPhone 7 atau 7 Plus ingin menghubungkan ponselnya ke MacBook Pro terbaru, dibutuhkan adapter tambahan. Hal ini berujung pada biaya ekstra yang mesti dikeluarkan oleh pengguna.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Next Web, Senin (31/10/2016), alat tambahan itu terdiri dari dua pilihan, yang tidak bisa dikatakan murah.

Pertama adalah adapter USB-C to USB seharga 20 dollar AS atau sekitar Rp 260.000, kedua adalah kabel USB-C to lightning seharga 25 dollar AS atau sekitar Rp 326.000.

Hal yang lebih buruk, jika pengguna adalah fotografer, maka membutuhkan satu alat tambahan lagi. Alat tambahan yang dimaksud berupa sebuah SD card reader untuk USB-C, yang hingga saat ini belum ada. Atau menggunakan card reader biasa dengan bantuan adapter USB-C to USB.

Hanya satu hal saja yang tak membutuhkan adapter tambahan, yaitu port audio 3,5 milimeter. Apple ternyata memutuskan bahwa pengguna MacBook Pro baru masih membutuhkan port audio tersebut, meski USB-C juga bisa menggantikan perannnya.

Apa pun pilihannya, toh semua itu berarti pengguna mesti mengeluarkan biaya lagi dan menenteng aksesoris tambahan demi tetap bisa memakai gadget-nya dengan normal. Pilihan yang tentu saja terserah kepada pertimbangan kepraktisan atau budget pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com