Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Chrome Makin "Ngebut" di Windows

Kompas.com - 01/11/2016, 13:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com — Google terus berusaha meningkatkan kinerja peramban Chrome besutannya. Salah satu upaya terakhir adalah penerapan optimalisasi baru yang diklaim meningkatkan kecepatan browser itu sebesar 15 persen.

Optimalisasi baru yang dimaksud adalah teknologi Profile Guided Optimization (PGO) dari Microsoft. PGO sudah mulai diterapkan pada Chrome Release 53 (64-bit) dan versi 54 (32-bit) di komputer desktop atau laptop berbasis Windows.

Rinciannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (1/11/2016), pada dua versi tersebut, waktu startup jadi lebih cepat atau ngebut 17 persen dibanding sebelumnya. Sementara itu, waktu loading laman baru (new tab) dan rata-rata load time masing-masing meningkat 15 persen dan 6 persen.

PGO adalah fitur Microsoft Visual Studio yang mengukur interaksi pengguna dengan aplikasi. Data dari pengukuran ini lantas digunakan untuk kompilasi ulang aplikasi dengan fokus pada fungsi yang paling sering digunakan.

“Chrome adalah proyek software besar dengan lebih dari sejuta fungsi di dalam source code,” ujar Software Engineer Google Sebastien Marchand.

“Tak semua fungsi itu setara. Beberapa ada yang sering dipakai, lainnya jarang. PGO memakai data dari eksekusi runtime yang melacak fungsi apa yang sering digunakan dalam memandu optimalisasi,” imbuh dia.

Salah satu teknik optimalisasi yang dipakai PGO adalah menyimpan fungsi-fungsi yang sering dipakai di dalam memori instruction cache CPU agar bisa dipanggil dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com