Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Pendapatan Facebook Tembus Rp 93,2 Triliun

Kompas.com - 06/11/2016, 16:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Facebook kembali menunjukkan keperkasaannya pada kuartal ketiga 2016 ini. Raksasa media sosial itu mencatatkan pendapatan mencapai 7,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 93,2 triliun.

Angka tersebut menujukkan bahwa pendapatan Facebook naik pesat. Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, kenaikan yang terjadi mencapai 50 persen.

Sebagimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Minggu (6/11/2016), dari total pendapatan itu tercatat keuntungan bersih sebesar 2,37 miliar dollar AS atau sekitar Rp 31,1 triliun.

Nilai tersebut menunjukkan bahwa keuntungan Facebook naik pesat, yaitu 165 persen jika dibandingkan dengan keuntungan bersih pada periode yang sama di tahun 2015.

Hampir seluruh pemasukan tersebut diperoleh dari pengiklan yang ingin produknya dilihat oleh banyak orang. Nilai perolehan dari iklan ini mencakup 84 persen dari total pendapatan per kuartal.

Baca: 4 Juta Pengiklan, Bukti Kesuksesan Facebook di Mobile

Facebook memang memiliki basis pengguna yang sangat besar, sekitar 1,1 miliar orang per hari. Artinya, iklan yang ditayangkan di raksasa media sosial ini berkesempatan untuk menjangkau banyak orang.

Bisnis utama Facebook pun bertumpu pada iklan, tanpa banyak variasi. Meski demikian, hasil yang diperoleh dari iklan tersebut sudah sangat besar dan menarik minat banyak investor.

Di sisi lain, seiring dengan besarnya pertumbuhan bisnis iklan tersebut, Facebook masih tetap mengagendakan belanja kebutuhan riset dan pengembangan. Pada 2016 ini, perusahaan menyiapkan dana 4,35 miliar dollar atau sekitar Rp 57,1 triliun untuk urusan riset tersebut.

Baca: Facebook Pernah Berminat Beli Snapchat-nya Asia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com