Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Bakal Bisa "Pin" dan "Love" Komentar

Kompas.com - 06/11/2016, 19:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Tiga visi utama YouTube menurut CEO Susan Wojcicki adalah komunitas (community), kreasi (creation), dan ambisi kreatif (creative ambition) atau kerap disebut "The Three Cs".

Salah satu hal yang dianggap bisa menghalangi visi itu adalah penyebaran kebencian dan komentar kasar di YouTube. Karenanya, selain menyediakan fitur filter komentar, YouTube juga menghadirkan dua fitur tambahan.

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna menaruh komentar positif di kolom teratas. Fitur ini sudah lebih dulu ada di Twitter dengan nama pin a tweet.

YouTube berharap komentar positif yang diletakan YouTuber di kolom teratas bisa menginspirasi netizen lain untuk berkomentar serupa, seperti dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Minggu (6/11/2016).

"Kami sadar bahwa kolom komentar berperan penting untuk menumbuhkan koneksi antara kreator dan komunitas penontonnya," kata Product Manager YouTube, Courtney Lessard.

"Dengan menaruh komentar positif di kolom teratas, kreator bisa membentuk tone komentar pada videonya," ia menambahkan.

Selain pin a comment, YouTube juga menghadirkan pilihan ikon hati alias love pada kolom komentar. Sebelumnya, yang ada cuma pilihan like (suka) dan dislike (tak suka). Ikon hati dimaksudkan bisa menambah nuansa positif pada kolom komentar.

Penambahan fitur pada kolom komentar tersebut masih dalam bentuk uji coba. Belum jelas kapan YouTube akan merilisnya secara massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com