Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Windows Dipasangi Prosesor Kelas Laptop?

Kompas.com - 07/11/2016, 11:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, pembocor ulung Evan Blass mengicaukan informasi menarik soal Windows Phone. Melalui akun Twitter @evleaks, ia mengatakan Microsoft sedang menggodok sebuah ponsel yang diotaki prosesor yang biasa dipakai laptop buatan Intel.

Kicauan pertama Blass direspons netizen dengan nada pesimis. Mereka menganggap informasi Blass soal smartphone canggih itu hanya bakal jadi konsep belaka. Anggapan tersebut buru-buru ditangkis Blass.

Sang pembocor mengatakan kali ini Windows Phone bertenaga laptop tak cuma wacana. Microsoft disebut benar-benar serius menggarapnya.

Para fans Windows Phone lalu menyambutnya dengan suka cita. Mereka berasumsi ponsel itu tak lain adalah Surface Phone generasi pertama, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Senin (7/11/2016)

Meski demikian, menurut situs Thurrot.com, wujud ponsel yang ditunjukan Blass sejatinya adalah prototipe Windows Phone yang dibuat Dell. Prosesor yang digunakan tak lain adalah Intel X86.

Prototipe itu memang mengindikasikan bahwa ponsel berkemampuan layaknya laptop. Jika Dell serius mengembangkannya, maka itu adalah ponsel pertama Dell dengan kemampuan bak laptop dan digadang-gadang bersistem operasi Windows 10.

Hingga sekarang belum ada yang bisa memastikan kebenaran ponsel tersebut. Banyak yang masih pesimis dengan kemungkinan itu.

Menurut beberapa pengamat teknologi, chipset Intel X86 tak akan cukup disematkan pada perangkat super tipis dan kecil seperti yang terlihat pada foto bocoran Blass. Setidaknya, sejauh ini belum ada teknologi yang bisa mewujudkannya.

Namun, tentu teknologi terus berkembang. Tak menutup kemungkinan ponsel itu benar-benar bakal meluncur di kemudian hari atau bahkan dalam waktu dekat. Kita tunggu saja kepastiannya lebih lanjut.

Baca: Tahun Ini, Jangan Beli Windows Phone Dulu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com