Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Uji Coba Fitur Mirip LinkedIn

Kompas.com - 08/11/2016, 18:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Facebook sedang menguji coba fitur baru yang dikatakan mirip dengan kemampuan jejaring sosial LinkedIn. Fitur yang dimaksud terkait dengan pekerjaan, yang bermanfaat bagi pengelola page perusahaan untuk membuka lowongan atau pengguna mencari kerja.

Melalui fitur ini, pengguna bisa melihat dan langsung memasukkan lamaran pekerjaan menggunakan satu tombol “Apply Now”. Surat pun dikirim langsung ke kotak pesan milik page perusahaan.

Uniknya, pengguna tidak perlu menulis surat lamaran sama sekali. Facebook yang secara otomatis akan membuat surat tersebut.

Nantinya, informasi mengenai pengguna akan diambil dari laman "About" ditambah beberapa template surat. Dengan cara ini pengguna Facebook bisa memasukkan lamaran ke berbagai perusahaan dalam waktu singkat.

TechCrunch Contoh kolom daftar lowongan di Facebook Page milik perusahaan

Sementara itu bagi perusahaan, fitur ini bisa dipandang sebagai sebuah alternatif untuk merekrut pegawai, sekaligus memancing lebih banyak orang untuk datang ke Facebook Page perusahaan.

Saat mengunggah informasi lowongan, perusahaan dapat menampilkan berbagai informasi detail ke dalamnya. Misalnya mengenai posisi yang kosong, gaji, dan status pekerja.

Informasi lowongan yang sudah diunggah, sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (8/11/2016), akan tampil di kolom “Jobs” atau linimasa pengguna yang mengikuti Facebook Page perusahaan.

“Berdasarkan perilaku pengguna yang kami amati, banyak perusahaan kecil yang memasang informasi lowongan di Facebook Page mereka. Sekarang kami menguji pada admin Page perusahaan untuk mengunggah datfar lowongan kerja dari bermacam kandidat,” tutur juru bicara Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com