Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Hari Ini Rayakan Hari Ayah di Indonesia

Kompas.com - 12/11/2016, 06:59 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google ikut merayakan Hari Ayah di Indonesia. Raksasa internet tersebut memajang sebuah doodle khusus di laman pencariannya pada hari ini, Sabtu (12/11/2016).

Desain doodle hari ini menampilkan gambar dua pasang sepatu yang diletakkan bersampingan. Di sebelah kiri, tampak sepatu pantofel berwarna coklat milik sang ayah. Sedangkan, di sebelah kanan, ada sepatu kets berwarna merah milik anak.

Kedua sepatu tersebut digambarkan berada di atas sebuah alas kaki berwarna coklat bertuliskan "Google". Sepatu pantofel milik ayah menutupi huruf "o" dari nama Google.

Tak bisa dimungkiri bahwa Hari Ayah memang tidak sepopuler Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember. Menurut laman Wikipedia, Hari Ayah baru dideklarasikan oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono di Solo pada 12 November 2006.

Uniknya, Hari Ayah di Indonesia digagas oleh sekumpulan wanita yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Berdasarkan laporan dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Sumenep, PPIP menggelar deklarasi Hari Bapak Nasional di Pendapa Gede Balai Kota Solo yang dihadiri ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat karena PPIP dikenal sebagai komunitas komunikasi lintas agama.

Deklarasi serupa juga digelar pada saat yang sama oleh beberapa anggota PPIP lainnya di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Ketua PPIP, Gress Raja, gagasan dideklarasikannya Hari Ayah karena ayah merupakan bagian dari keluarga yang juga memegang peranan sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga.

Pasalnya, keterlibatan ayah dalam tumbuh kembang anak memberikan pengaruh positif yang signifikan.

Hari Ayah di Indonesia sendiri berbeda dari negara lain. Di Amerika Serikat serta lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Malaysia, dan Singapura, merayakan Hari Ayah pada hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com