Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Tahun, Apple Jual Murah iPhone Rekondisi

Kompas.com - 14/11/2016, 17:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Apple

KOMPAS.com - Beberapa pekan sebelum pesta diskon Black Friday di AS, Apple menjual perangkat flagship-nya dengan harga murah. Hal itu dimungkinkan berkat mekanisme daur ulang alias refurbished atau rekondisi.

Beberapa perangkat Apple rekondisi yang dijajakan mencakup MacBook Pro, MacBook Air, iPad Air 2, hingga iPhone 6S Plus.

Perbedaan harga antara perangkat baru dan refurbished bisa mencapai 200 dollar AS atau Rp 2,6 jutaan, sebagaimana dipantau KompasTekno dari situs resmi Apple, Senin (14/11/2016).

Lini iPhone 6S Plus 64GB, misalnya, hanya dijual 589 dollar AS (Rp 7,8 juta) dari harga orisinil 699 dollar AS (Rp 9,3 juta).

MacBook Pro yang dijual normal senilai 1.299 dollar AS (Rp 17,3 jutaan) pun menjadi 1.099 dollar AS (Rp 14,6 jutaan) karena merupakan perangkat refurbished.

MacBook Air turun harga tipis menjadi 929 dollar AS (Rp 12 jutaan) dari yang aslinya 999 dollar AS (Rp 13,3 juta). Lini iPad, iPod, iMac, dan Mac Mini juga dijajakan dengan harga lebih murah.

Tak kalah berkualitas

Melalui laman situsnya, Apple mengatakan bahwa perangkat refurbished tak kalah berkualitas dengan perangkat yang benar-benar baru. Pabrikan Cupertino itu sesumbar semua perangkat refurbished yang dijual telah melewati tahap uji coba dan sertifikasi.

Apple pun mengaku sudah mengganti perangkat dengan baterai baru.

"Sebelum kami menjual perangkat refurbished, perangkat diproses untuk memastikan standar tinggi Apple tetap terjaga," kata Apple pada lamannya.

Pembeli juga diberi garansi selama satu tahun. Jika terjadi masalah pada perangkat refurbished yang merupakan kesalahan pabrik, pembeli berhak menerima pertanggungjawaban Apple.

"Anda bisa menambah cakupan garansi lebih luas dengan berlangganan AppleCare," tertulis pada situs.

Saat mencoba mengecek ketersediaan pengambilan perangkat refurbished, KompasTekno tak menemukan lokasi toko di Indonesia maupun di Singapura. Jika ingin memesan, pengambilan tersedia di Apple Store Amerika Serikat dan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Apple

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com