Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis "Speaker" HW-K950 di Indonesia, Dijual Seharga Motor

Kompas.com - 14/11/2016, 17:47 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung meluncurkan speaker soundbar HW-K950 berteknologi Dolby Atmos di Indonesia. Speaker tersebut dibanderol dengan harga setara sepeda motor, yaitu Rp 15 juta.

Dengan harga semahal itu, fitur dan kelebihan apa yang bisa diperoleh pengguna? Product Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia Harris Pranata Wijaya menjanjikan pengalaman audio layaknya bioskop dengan menggunakan soundbar tersebut.

Dia menjelaskan HW-K950 dirancang dengan saluran audio 5.1.4. Secara kasat mata, paket soundbar ini terdiri dari empat kotak penghasil suara. Di dalam masing-masing kotak berisi lebih dari satu speaker yang bisa digunakan untuk mengeluarkan suara berbeda-beda.

Total ada 15 speaker yang tersimpan dalam set utama soundbar HW-K950. Selain itu, soundbar ini masih dilengkapi lagi satu unit subwoofer dan dua unit speaker bagian belakang yang bisa terhubung menggunakan WiFi.

Pada set utama soundbar sendiri terdapat dua speaker Atmos, ditambah satu speaker Atmos pada masing-masing speaker belakang. Atmos sendiri merupakan speaker yang menembakkan suara ke arah langit-langit. Keberadaan speaker ini membuat suara bisa terdengar datang dari berbagai penjuru ruangan.

Menurut Harris, dengan konfigurasi demikian, pengguna bakal merasakan suara yang lebih detail. Pengguna dikatakan dapat membedakan suara yang datang dari arah kanan ke kiri atau dari depan ke belakang.

“Ini soundbar pertama dengan teknologi Dolby Atmos. Jadi kalau dulu, mau mendengar suara yang surround mesti pasang speaker dulu di atas. Sekarang sudah tidak perlu begitu karena soundbar ini memiliki empat speaker yang menembakkan suara ke arah atas,” kata Harris saat berbincang dengan KompasTekno di sela peluncuran soundbar HW-K950 di Jakarta, Senin (14/11/2016).

Sound Designer, Satrio Budiono, yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa soundbar HW-K950 sanggup menembakkan dentuman suara hingga 500 watt. Ini cukup untuk menghasilkan suara yang detail dan jernih dalam ruangan seluas 5 x 5 m dan tinggi langit-langit antara 3 hingga 3,5 m.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com