Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Android Vivo V5 dengan Kamera "Selfie" 20 MP Dijual Rp 3,5 Juta

Kompas.com - 15/11/2016, 15:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Vivo resmi merilis smartphone berbasis Android terbarunya, V5, dalam acara peluncuran di India pada Selasa (15/11/2016). Mengandalkan kamera selfie 20 megapiksel yang ada di V5, Vivo menyasar kalangan muda.

"Peluncuran V5 menandai kiprah Vivo dalam mengembangkan teknologi baru untuk kamera smartphone, sekaligus memberi pengguna pengalaman baru," ujar CEO Vivo India, Kent Cheng, dikutip KompasTekno dari AndroidAuthority.

Pengalaman baru yang dijanjikan Vivo antara lain tercermin dari fitur "Moonlight Glow" yang ada di kamera depan. Fitur ini diklaim bisa meningkatkan kecerahan wajah dengan kondisi pencahayaan ala kadarnya, tanpa harus membuat mata memicing karena lampu flash.

Menurut Vivo, fitur tersebut bisa menjaga kualitas foto selfie tanpa menjadikannya berbintik, terdistorsi, atau ditimpa lampu flash yang terlalu keras.

Baca: Apa Kesamaan Oppo, Vivo, dan OnePlus?

Kamera depan Vivo V5 sesuai bocoran, memiliki sensor dengan resolusi yang lebih tinggi dibanding kamera belakangnya. Hal ini berguna untuk mendukung fitur selfie tadi. Adapun resolusi sensor kamera depannya sebesar 20 megapiksel, sementara kamera belakangnya 13 megapiksel.

Selain itu, ada pula fitur sensor sidik jari yang bisa dipakai mengaktifkan aplikasi dengan cara menyapukan layar ke bawah ke arah sensor sidik jari.

Fitur Smart Screen-Split memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus membuka-tutup atau beralih dari satu aplikasi ke yang lainnya setiap notifikasi baru muncul.

Vivo juga menyertakan chip audio Hi-Fi buatannya sendiri, AK4376, yang diklaim bisa memberi pengalaman audio yang tidak mengecewakan.

Spesifikasi Vivo V5

Menilik spesifikasinya, Vivo V5 mengusung layar berbentang 5,5 inci resolusi HD 720p, kaca 2,5D, chipset Qualcomm Snapdragon 652 dengan prosesor octa-core 64 bit 1,8 GHz, RAM 4 GB, dan memori internal 32 GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga 128 GB.

Smartphone dengan bobot 154 gram ini dibekali baterai dengan kapasitas 3.000 mAh. Vivo V5 menjalankan sistem operasi Android 6.0 "Marshmallow" dengan tampilan antarmuka FunTouch OS 2.6.

Vivo V5 dijual di India dengan banderol harga 17.980 rupee atau sekitar Rp 3,5 juta.

Vivo sendiri nampaknya juga sedang bersiap memasarkan smartphone V5 ini ke Indonesia, terbukti dari beberapa aktivitas Facebook Vivo Indonesia yang gencar menampilkan informasi ponsel tersebut belakangan.

Namun, belum diketahui kapan Vivo V5 bakal dirilis di Tanah Air.

Baca: Oppo dan Vivo Rajai China, Geser Huawei dan Xiaomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com