Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Go-Jek Ungkap Alasan Lebih Banyak Pekerjakan "Engineer" Asal India

Kompas.com - 17/11/2016, 12:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski kerap menjuluki diri sebagai "karya anak bangsa", Go-Jek diketahui banyak mempekerjakan talenta dari Bengaluru, India, utamanya untuk tim engineer. Menurut CEO Go-Jek Nadiem Makarim, hal ini murni karena kecocokan visi dan kultur yang dibangun startup ride-sharing tersebut.

"CTO (Chief Technological Officer) dan tim inti engineer kami datang dari Bangalore. Waktu itu kami dihubungkan ke mereka oleh Sequoia (investor Go-Jek)," kata Nadiem dalam sesi Fireside Chat di acara Tech in Asia Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Menurut Nadiem, tim engineering dari India sudah sangat mapan, bukan semata-mata dari segi kemampuan dan kecerdasan, melainkan juga pola pikir atau mindset. Lulusan Harvard University itu menegaskan, syarat utama bekerja di Go-Jek justru ditentukan mindset seseorang.

"Di engineer, tiap beberapa bulan metode teknis berganti dan selalu ada hal baru. Kami tidak mencari orang yang expert dan sudah merasa hebat sehingga tidak mau mendengar dan belajar, kami cari orang yang terus bertanya dan mau berkembang," ia menjelaskan.

Baca: Apa Benar Go-Jek Kehabisan Uang?

Meski demikian, Nadiem tak menyebut bahwa engineer dari Indonesia kurang kompeten atau memiliki mindset yang tak sesuai kriteria. Hanya saja, kebetulan mayoritas orang yang dirasa cocok mengelola tim engineer Go-Jek berasal dari India.

Di kantornya, kata Nadiem, tak ada yang membedakan tim engineer basis India dan basis Indonesia. Semuanya berbaur sebagai satu tim dengan penilaian performa yang adil dan transparan.

Nadiem menilai tim engineer sebagai salah satu inti layanannya sehingga harus mempekerjakan talenta terbaik. Seleksi untuk masuk divisi itu pun cukup sengit.

"Dari banyaknya orang yang melamar di tim engineer, cuma lima persen yang kami terima," ujarnya.

Agaknya Nadiem sudah jatuh cinta dengan talenta engineer dari India. Tahun ini, Go-Jek sudah mengakuisisi dua startup berbasis TI dari India, yakni C42 Engineering dan Codelgnition. Keduanya diharapkan mampu meningkatkan kinerja sistem TI Go-Jek mengingat jumlah penggunanya terus meningkat.

Saat ini jutaan orang telah mengunduh aplikasi Go-Jek dan dilayani oleh ratusan ribu driver. Nadiem enggan menyebut angka pastinya. Yang jelas, bisnis Go-Jek dianggap potensial sehingga pada Agustus lalu startup tersebut menerima suntikan dana dari gabungan investor sebesar Rp 7 triliun.

Baca: Ini Daftar Investor Rp 7,2 Triliun Go-Jek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com