Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Juta Perangkat Android Murah Terinfeksi "Software" Berbahaya

Kompas.com - 21/11/2016, 08:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Software berbahaya kembali ditemukan tertanam di perangkat Android sejak dari pabrik. Firma keamanan BitSight mengatakan backdoor dimaksud diperkirakan terdapat di hampir 3 juta ponsel Android.

Sebagian besar di antaranya merupakan model murah meriah buatan OEM China yang banyak diedarkan oleh operator seluler di Amerika Serikat.

Merek yang paling banyak terdampak adalah Blu dengan kontribusi sebesar 26 persen, disusul Infinix dengan 11 persen, Doogee dengan 8 persen, serta Xolo dan Leagoo masing-masing dengan 4 persen.

Baca: Beredar, Malware Android Pengajak Selfie

Backdoor yang terpasang dalam firmware buatan Ragentek Grup di China itu bisa dimanipulasi oleh hacker untuk mengeksekusi remote access, lalu mengintip isi perangkat.

“Yang mengkhawatirkan kami adalah kebanyakan pengguna tidak akan menyadari kelemahan ini, dan mereka tidak akan mendapatkan update,”ujar CTO BitSight, Stephen Boyer, seperti dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Senin (21/11/2016).

“Ini adalah kompromi sistem menyeluruh, di root level. Penyerangnya bisa melakukan apapun,” imbuh Boyer.

BitSight mengidentifikasi sekitar 55 model smartphone Android murah yang terinfeksi backdoor. Perangkat-perangkat ini diam-diam berkomunikasi dengan server di China lewat backdoor tersebut.

Beberapa hari sebelum penemuan BitSight, firma kemanan lain, yakni Kryptowire, juga menemukan bahwa model-model smartphone Android murah buatan Blu disisipi malware lain yang mengirim data pengguna ke China.

Baca: Pencipta Malware Penyandera Data Ini Bertobat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com