Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Fitur Buatan Apple Bisa Dipakai Bobol iPhone

Kompas.com - 21/11/2016, 18:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Techtimes

KOMPAS.com - Celah keamanan kerap muncul di tempat yang tak terduga, termasuk juga di teknologi voice assistant yang bisa diminta untuk membobol perangkat.

Contohnya seperti Apple Siri, yang ternyata bisa dipakai untuk membuka “jalan belakang” alias melewati lockscreen iPhone dengan sistem operasi terbaru iOS 10.2 tanpa harus memasukkan nomor PIN.

Langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut dijabarkan dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube milik iDeviceHelp.

Syarat utamanya, iPhone yang bersangkutan mesti berada di tangan dan mengaktifkan fitur Siri di lockscreen.

Pertama, sang hacker mesti menelepon iPhone. Siri bisa diminta untuk meberitahukan nomor telepon dengan bertanya “who am I?”.

Baca: Samsung Caplok Pencipta Siri

Saat iPhone dihubungi, si hacker akan memilih opsi untuk membalas panggilan dengan pesan tertulis (SMS), lalu menyuruh Siri untuk mengaktifkan voice over.

Langkah berikutnya agak rumit karena hacker mesti melakukan double-tap pada nama kontak yang dikirimi pesan, sekaligus menekan tombol pada keyboard.

Apabila berhasil, hacker akan dibawa masuk ke kolom “to field” yang akan memperlihatkan daftar kontak di ponsel.

Bukan hanya itu saja, dengan memilih opsi untuk membuat kontak baru dan memilih foto, hacker pun bisa mengakses aneka gambar yang tersimpan di camera roll iPhone.

Semua hal di atas bisa dilakukan sambil iPhone tetap dalam keadaan terkunci. Dengan bantuan Siri, tanpa membuka kunci pun, seseorang bisa mengakses informasi daftar kontak dan foto di dalam iPhone.

Penjabaran selengkapnya dari “bug” Siri ini bisa disimak dalam video di bawah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechTimes, Senin (21/11/2016).

Apple telah diinformasikan mengenai celah keamanan ini dan dikabarkan bakal segera menyalurkan update untuk menambalnya. Untuk sementara waktu, sebaiknya nonaktifkan fitur Siri di lockscreen sebagai langkah pencegahan.

Baca: Diminta Isi Daya, Siri Malah Telepon Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Techtimes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com