Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Andalkan Kamera "Selfie", Vivo Tak Takut Bersaing dengan Oppo

Kompas.com - 23/11/2016, 16:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor smartphone berbondong-bondong merilis produk dengan keunggulan pada kamera depan untuk selfie. Didahului Oppo F1s yang dirilis pada Agustus lalu, kini Vivo pun tak mau kalah dengan meluncurkan seri V5.

Kedua lini itu sama-sama memasang sensor kamera beresolusi lebih besar di sisi depan ketimbang di belakang. Oppo F1s memiliki sensor kamera selfie 16 megapiksel, sementara Vivo V5 lebih besar, yakni 20 megapiksel.

Ditilik dari branding-nya, Oppo F1s mengusung slogan "Selfie Expert", sementara Vivo V5 tak jauh beda, yakni "Perfect Selfie". Lantas, bagaimana tanggapan Vivo sebagai pihak yang terjun belakangan di ranah selfie?

"Jelas kami menawarkan sensor kamera yang megapikselnya lebih besar. Kalau saya bilang ini keunggulan kami dan baru pertama di dunia ada ponsel yang sensor kamera selfie-nya 20 megapiksel," kata juru bicara Vivo Indonesia, Kenny Chandra, di sela peluncuran Vivo V5 di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Namun, di sisi lain, Oppo sudah lebih dulu memasarkan F1s dengan jumlah penjualan yang terbilang agresif. Agustus lalu, vendor asal China itu mengklaim seri F1s terjual satu unit tiap satu menit di Indonesia.

Kembali ke konsumen

Jika target pasar keduanya sama, yaitu anak muda yang doyan selfie, lalu bagaimana Vivo V5 meraup pasar yang sudah lebih dulu digarap Oppo F1s?

Menurut Kenny, pihaknya tak pernah takut atau khawatir dengan persaingan semacam itu. Vivo, kata dia, cuma ingin menawarkan perangkat selfie terbaik. Semua pilihan kembali ke konsumen.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Vivo V5 saat diluncurkan di Jakarta, Rabu (23/11/2016).
"Kalau konsumen sudah merasa puas dengan kualitas tertentu, itu pilihan. Tapi kalau ada yang mau upgrade, tentu bisa beli produk kami," ia menuturkan.

Vivo V5 mulai tersedia Desember 2016 di gerai-gerai fisik rekanan Vivo. Harganya dibanderol Rp 3,5 juta.

Selain kamera selfie beresolusi jumbo, V5 membenamkan spesifikasi layar berbentang 5,5 inci dengan resolusi HD 720p, kaca 2,5D, chipset Qualcomm Snapdragon 652 dengan prosesor octa-core 64 bit 1,8 GHz, RAM 4 GB, dan memori internal 32 GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga 128 GB.

Smartphone dengan bobot 154 gram ini dibekali baterai kapasitas 3.000 mAh. Vivo V5 menjalankan sistem operasi Android 6.0 "Marshmallow" dengan tampilan antarmuka FunTouch OS 2.6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com