Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung "Sulap" Galaxy Note 5 Jadi Galaxy Note 7

Kompas.com - 29/11/2016, 14:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Penarikan Galaxy Note 7 dari pasar global menjadi pukulan keras untuk Samsung sepanjang 2016 ini. Pabrikan Korea Selatan tersebut akhirnya harus menggenjot penjualan lini lain untuk menutupi kerugian.

Salah satu strateginya adalah memindahkan software dan antarmuka Galaxy Note 7 ke seri yang lebih lawas. Hal ini untuk mendorong ketertarikan dan hasrat beli masyarakat pada seri-seri Galaxy lama.

Dihimpun KompasTekno, Selasa (29/11/2016) dari BGR, caranya dengan mentransfer kemampuan pada Galaxy Note 7 ke Galaxy Note 5 keluaran 2015. Ya, Samsung seperti "menyulap" Galaxy Note 5 menjadi Galaxy Note 7.

Baca: “Pembocor Ulung” Ungkap Keberadaan Penerus Galaxy Note 7

Jadi, pengguna Galaxy Note 5 bisa merasakan penjajalan fitur ala Galaxy Note 7. Beberapa fitur Galaxy Note 7 seperti Wide Selfie (swafoto lebar), Ultra Power Saving Mode (hemat baterai), Smart Manager, Blue Light Filter, dan Game Tools, sudah bisa dinikmati di Galaxy Note 5.

Syaratnya, sistem operasi pada Galaxy Note 5 harus di-update ke Android 6.0 Marshmallow, dari yang orisinilnya Android 5.1 Lollipop.

Kebijakan ini baru berlaku di Korea Selatan. Samsung tak menjelaskan lebih jauh apakah pemindahan software tersebut cuma berlaku di negara asalnya atau bakal menyebar di negara lain termasuk Indonesia.

Sebelumnya, strategi yang sama juga dilakukan pada Galaxy S7. Demi menggenjot penjualan seri Galaxy S keluaran Februari lalu itu, Samsung mentransfer kemampuan software Galaxy Note 7 ke Galaxy S7.

Namun, ada satu fitur yang tak bisa diimplementasikan pada Galaxy S7, yakni fitur Stylus-nya. Padahal, fitur itulah yang menjadi ciri khas dan andalan seri Galaxy Note.

Baca: Iklan Sehalaman Penuh, Cara Samsung Minta Maaf soal Note 7

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com