Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reklamasi Teluk Jakarta Terekam Satelit Google Earth

Kompas.com - 02/12/2016, 07:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google memiliki proyek bernama Earth Timelapse, yang bertujuan menunjukkan perubahan permukaan Bumi. Proyek tersebut kini telah diperbarui dengan tambahan data permukaan Bumi yang baru.

Data baru yang dimaksud adalah foto permukaan Bumi dari kurun waktu 2014 hingga 2016. Ditambah data yang telah dimiliki oleh NASA, maka Google Earth memiliki data perubahan permukaan Bumi dari 1984 hingga 2016.

Menariknya, karena data tersebut mencakup seluruh permukaan Bumi, maka perubahan wajah Jakarta dari citra satelit bisa dilihat. Perubahan paling mencolok adalah reklamasi di teluk Jakarta, yang menampilkan munculnya pulau-pulau kecil di sebelah utara Jakarta.

Selain itu, jika Anda jeli, Anda bisa melihat pengembangan wilayah bandara Soekarno-Hatta, serta semakin padatnya wilayah Kemayoran, yang dahulunya juga merupakan lapangan udara.

Untuk melihat perubahan wajah Jakarta, Anda bisa mengunjungi situs Google Earth Timelapse di tautan berikut ini, kemudian menavigasi tampilan ke wilayah Jakarta. Tentu saja, Anda juga bisa melihat wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Ukuran hingga petabyte

Google memproses total sekitar 5 juta gambar hasil pemotretan satelit. Gambar tersebut dikumpulkan dari 5 satelit berbeda, lalu dikurasi untuk memilih 3.000 triliun piksel terbaik.

Dari kurasi tersebut, Google membuat 33 gambar permukaan Bumi. Gambar tersebut kemudian diproses lagi menjadi peta permukaan Bumi berdasarkan tahun, yakni 2013, 2014, 2015, dan 2016.

“Dengan tambahan empat tahun foto dalam kurun empat tahun, data baru berukuran petabyte, dan gambar permukaan Bumi yang lebih tajam, kami dengan rekan di Time membuat pembaruan ini,” terang Program Manager Google Earth Engine, Chris Herwig melalui blog resmi Google.

Hasilnya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (2/12/2016), adalah sebuah timelapse yang bisa dipakai untuk melihat pelebaran wilayah kota Las Vegas, mencairnya gletser di kutub, atau proses terbentuknya pulau reklamasi di Dubai, atau juga di teluk Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com