Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rilis Video "Year in Review", Begini Cara Membuatnya

Kompas.com - 05/12/2016, 20:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Di penghujung tahun 2016, jejaring sosial Facebook kembali merilis fitur video Year in Review bagi penggunanya untuk dibagikan.

Year in Review merupakan video yang menampilkan foto-foto, seperti slideshow, dari kenangan pengguna Facebook selama satu tahun terakhir.

Selain itu, video Year in Review juga menampilkan momen-momen penting sepanjang tahun, seperti pekerjaan baru, pertemanan baru, lokasi mana saja yang pernah dikunjungi, atau reaksi-reaksi yang telah dibuat selama satu tahun.

Fitur ini bisa diakses melalui tautan berikut ini. Di halaman tersebut, Anda diberi sejumlah data aktivitas di Facebook. Untuk membuat video Year in Review, klik menu "Request Video" yang disediakan.

Butuh beberapa waktu bagi Facebook untuk menyiapkan video Year in Review. Pengguna akan dikirimi notifikasi setelah video selesai dibuat.

Baca: 10 Tips Tersembunyi Facebook untuk Diketahui

Selain membuka laman tersebut, Year in Review 2016 juga bisa dibuat dengan cara mengunjungi atau memutar video milik teman, lalu scroll ke bawah dan klik menu "Watch Yours".

Data tersebut disajikan dalam bentuk video durasi 1 menitan dan bisa dibagikan di timeline Facebook.

Year in Review menyediakan 10 foto yang bisa dimasukkan ke video, tetapi tentu saja pengguna bisa mengganti dengan foto yang lain. Anda bisa mengeditnya sebelum memublikasikannya.

Pengguna juga bisa meng-edit setting privasi, kepada siapa saja video itu ingin dibagikan, atau tetap membuatnya private untuk dilihat sendiri saja. Begitu video dipublikasikan, pengguna juga tetap bisa mengganti seleksi foto dengan mengunjungi laman Year in Review.

Banyak pengguna Facebook yang sudah mulai membuat dan membagikan video Year in Review 2016 ini. Jika Anda belum membuatnya, masih ada sisa lebih kurang satu bulan lagi jelang akhir tahun 2016.

Anda juga bisa melihat video-video Year in Review milik pengguna lain dengan mengetik tagar #YearInReview2016 di kolom pencarian.

Untuk membagikan video Year in Review Anda, berikut cara melakukannya:

  • Buka halaman facebook.com/yearinreview
  • Klik "Request Video"
  • Pilih "Edit" untuk mengganti foto, dan pilih audiens yang ingin dituju
  • Klik "Share Video".

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com