Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Android Marshmallow Salip KitKat

Kompas.com - 06/12/2016, 10:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google merilis data terbaru berisi populasi versi sistem operasi Android yang saat ini beredar di pengguna. Pada Desember ini, jumlah perangkat Android 6.0 Marshmallow untuk pertama kali mengungguli Android 4.4 KitKat.

Dikutip KompasTekno dari Android Developers, Selasa (6/12/2016), persentase distribusi OS Android 6.0 Marshmallow di seluruh dunia mencapai 26,3 persen. Sementara Android 4.4 KitKat sebanyak 24 persen.

Sebelumnya, pada November 2016 lalu, perangkat Android Marshmallow baru menyentuh 24 persen. Sedangkan, KitKat masih unggul tipis sebesar 25,2 persen.

Android KitKat memang sangat dominan sepanjang dua tahun terakhir. Versi OS ini bahkan lebih unggul dari Android 5.0 Lollipop keluaran 2014.

Hal ini terjadi karena Lollipop dipecah menjadi dua versi, yakni 5.0 dan 5.1. Jika digabungkan keduanya, maka Android Lollipop sebenarnya tetap unggul dengan persentase total 34 persen.

Meski demikian, Marshmallow merupakan versi Android yang paling banyak dipakai oleh pengembang.

Di sisi lain, sistem operasi teranyar Android Nougat baru digunakan sebanyak 0,4 persen dibandingkan dengan semua perangkat Android yang saat ini beredar di seluruh dunia.

Data populasi jenis Android itu dirilis Google sebagai panduan bagi developer jika ingin membuat aplikasi. Mereka tahu versi Android mana yang paling banyak dipakai, sehingga bisa menyesuaikan kode program di aplikasinya.

Untuk melihat data lebih komplit, kunjungi halaman Android Developers di tautan berikut ini.

Baca: Malware Baru Infeksi 13.000 Android Per Hari, Cek Ponsel Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com