Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alcatel Rilis Android Pixi 4 Rp 1 Jutaan di Indonesia

Kompas.com - 07/12/2016, 14:37 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - TCL Mobile Limited (Alcatel) resmi memboyong smartphone murah berbasis Android, Pixi 4, ke Indonesia. Ada dua varian yang tersedia, yakni 5010D dengan ukuran layar 5 inci dan 8050D dengan ukuran layar 6 inci.

Menurut Alcatel, kedua seri yang tergabung ke Pixi 4 tersebut ditujukan bagi pengguna Android kelas pemula.

"Pixel 4 versi 6 inci ini kami buat karena memang banyak orang yang suka memakai ponsel dengan layar besar. Sedangkan Pixel versi 5 inci, walau lebih kecil, punya kinerja cepat untuk apapun," tutur APAC Global & Business Development Manager Alcatel, Lauren Julian, kepada KompasTekno di peluncuran Pixi 4, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Pixi 4 versi 5 inci dibanderol dengan harga Rp 999.000. Sedangkan versi yang lebih besar, yaitu 6 inci, dibanderol seharga Rp 1.299.000.

Dengan harga banderol semurah itu, spesifikasi seperti apa yang didapat pengguna?

Pixi 4 versi 5 inci dibekali layar setajam 854 x 480 piksel. "Otak" pemrosesannya berupa prosesor quad-core 1,1 GHz, RAM 1 GB, dan memori internal 8 GB.

Kamera utamanya memiliki ketajaman 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Kamera ini beroperasi menggunakan software Polaroid Camera.

Ponsel bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini mengandalkan baterai berkapasitas 2.000 mAh untuk menyuplai daya.

Sedangkan Pixi 4 versi 6 inci dibekali layar IPS dengan dukungan resolusi sedikit lebih tinggi, yakni 960 x 540 piksel. Otak pemrosesannya berupa prosesor MediaTek MTK8321 quad-core 1,3 GHz, RAM 1 GB, dan memori internal 8 GB.

Pengguna juga akan mendapatkan kamera utama dengan ketajaman 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Software yang dipakai pun masih Polaroid Camera.

Sistem operasi Pixi 4 edisi 6 inci ini adalah Android 6.0 Marshmallow. Sedangkan baterai yang dipakai untuk menyuplai tenaga memiliki kapasitas 2.580 mAh.

Sayangnya, kedua ponsel tersebut masih menggunakan koneksi 3G. Alcatel sendiri memang belum dapat berjualan ponsel 4G karena belum memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Sekarang, baru Pixi 4 edisi 5 inci saja yang sudah tersedia dan bisa dibeli melalui Erafone. Sementara itu Pixi 6 inci baru akan masuk ke Indonesia dalam beberapa pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com