Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrome di Android Bakal Bisa Simpan dan Putar Video Tanpa Internet

Kompas.com - 08/12/2016, 12:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Banyak layanan streaming video atau musik yang kini bisa dinikmati secara offline. Pengguna bisa mengunduh konten saat terhubung dengan internet dan memutarnya di kemudian hari.

Layanan serupa telah diberikan oleh YouTube, Spotify, dan yang terbaru adalah Netflix. Kini, Google juga akan melakukan hal serupa untuk browser Chrome di Android.

Browser Chrome akan diberi kemampuan mengunduh semua konten video di situs internet. Hal tersebut memungkinkan pengguna memutarnya secara offline, tanpa koneksi internet.

Dikutip KompasTekno dari Android Central, Kamis (8/12/2016), fitur download offline ini sebenarnya sudah tersedia di Chrome versi Canary, tetapi belum stabil.

Google akhirnya berhasil membuatnya stabil dan akan merilis fitur tersebut di platform Android dalam waktu dekat.

Untuk mengunduh konten media dari situs internet, Google menyediakan tombol download berupa anak panah ke bawah di menu bar yang bisa diakses dari tombol pojok "sandwich" di pojok kanan atas. Tombol itu akan muncul saat situs internet mengandung video.

Konten yang diunduh disimpan di bagian Download yang juga disediakan di versi Chrome terbaru nantinya.

Selain download offline, Chrome terbaru juga akan memiliki fitur koreksi teks otomatis (text autocorrect) dan peningkatan dalam hal pencarian kontekstual di antarmuka.

Update Chrome terbaru (versi 55.0.2883.84) akan dirilis Google dalam beberapa hari ke depan secara bergelombang untuk masing-masing negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com