Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp untuk Android Diperbarui, Punya Fitur "Streaming" Video

Kompas.com - 09/12/2016, 08:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp merilis update di Android ke versi 2.16.352. Dalam pembaruan ini, WhatsApp menghadirkan fitur streaming video.

Menggunakan fitur tersebut, pengguna tidak perlu lagi mengunduh video yang dikirimkan melalui WhatsApp untuk bisa menontonnya. 

Cara kerja fitur ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (9/12/2016), terbagi menjadi dua.

screenshot Tombol streaming file video di aplikasi WhatsApp
Pertama, bagi pengguna yang mengatur WhatsApp supaya bisa secara otomatis mengunduh semua konten yang dikirimkan via layanan chatting tersebut. Jika pengaturan yang dipakai seperti ini, maka aplikasi seperti biasa akan langsung mengunduh video yang masuk.

Bedanya dengan sebelumnya, meski proses pengunduhan belum selesai, fitur baru ini membuat pengguna bisa melakukan streaming video tersebut. Jadi selama proses pengunduhan, video sudah dapat ditonton.

Kedua, dalam kondisi pengguna mengatur agar konten multimedia tidak otomatis diunduh. Bila pengaturan ini yang dipakai, pengguna akan menemukan sebuah tombol Play dalam video yang diterimanya. Bentuk tombol bisa dilihat melalui gambar di samping ini.

Tombol Play ini berguna untuk melakukan streaming video, bukan untuk mengunduh. Ketika menekannya, maka video akan dimainkan tanpa harus mengunduhnya ke dalam ponsel. Bila ingin mengunduh konten video tersebut, pengguna mesti menekan tombol download (logo panah ke bawah) yang terletak di sisi kiri layar.

Fitur streaming ini sebelumnya hanya dirilis di India. Namun beberapa pekan selanjutnya, WhatsApp memutuskan merilisnya ke seluruh pengguna bersamaan dengan pembaruan versi 2.16.352 (Android).

Menurut pantauan KompasTekno, pembaruan aplikasi WhatsApp ini sudah bisa didapatkan di Indonesia. WhatsApp bisa diperoleh melalui tautan berikut ini.

Fitur streaming video sendiri belum bisa ditemukan di iOS. Belum diketahui kapan Apple akan merilis fitur serupa di iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com