Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten "Drone" Samsung Mirip Piring Terbang

Kompas.com - 09/12/2016, 17:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Drone alias wahana terbang nirawak untuk konsumen biasanya mengusung  bentuk quad-copter dengan empat rotor. Namun pabrikan bisa pula merancang drone dengan rupa yang berbeda dari pakem standar.

Contohnya Samsung yang baru-baru ini diketahui mematenkan desain sebuah drone baru berbentuk bundar. Alih-alih dua pasang propeller yang nangkring di empat lengan, drone ini menempatkan sebuah rotor berukuran besar di tengah.

Bentuk fisiknya pun bundar sehingga drone rancangan Samsung tampak seperti UFO alias piring terbang. Bisa juga dibilang mirip kipas angin tanpa gagang yang diletakkan secara horizontal.

Dokumen paten yang dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (9/12/2016) menerangkan bahwa sang drone piring terbang memiliki bodi dari bahan logam dan "synthetic resin".

Samsung Ilustrasi drone mirip piring terbang dalam dokumen Samsung, bagian bawah

Ia turut dilengkapi dengan kamera dan empat kaki penyangga di bagian bawah yang digunakan untuk mendarat.

Sesuai dengan bentuknya yang rada 'nyeleneh', Samsung mengatakan bahwa desain drone bersangkutan terinspirasi dari gambaran "pesawat luar angkasa berbentuk cakram".

Belum ada informasi lain seputar drone rancangan Samsung ini, seperti misalnya kemampuan terbang atau spesifikasi kamera yang digunakan untuk merekam gambar.

Layaknya produk dalam patern, belum tentu pula ia akan benar-benar mewujud dalam bentuk produk jadi yang dilempar ke pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com