Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Berhenti Bikin Mobil Tanpa Sopir?

Kompas.com - 14/12/2016, 07:13 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Google dikabarkan sudah menghentikan usahanya memciptakan mobil otonomos atau tanpa sopir.

Informasi dari sumber dalam industri menyebutkan bahwa keputusan untuk menghentikan pengembangan mobil otonomos diambil oleh CEO Alphabet Larry Page dan CFO Ruth Porat. Keduanya berasalan pendekatan yang dipakai untuk mengembangkan mobil tersebut kurang praktis.

Berdasarkan alasan itu, menurut sumber itu, tim pengembangan mobil otonomos Google, Chauffeur, diperintah berhenti mengerjakan mobil otonomos. Sebagai gantinya, fokus tim dialihkan untuk menangani kerja sama dengan para produsen mobil ternama, khusus soal pengembangan teknologi otonomos.

Namun, pengembangan teknologi yang dikerjakan bersama produsen mobil ini memiliki konsep yang berbeda dibanding pengembangan internal.

Pada internal Google, konsep otonomos adalah mobil yang bisa bergerak secara mandiri tanpa dikemudikan manusia. Sedangkan kerja sama tersebut mengembangkan konsep teknologi otonomos yang masih membutuhkan kendali manusia.

Dengan kata lain, targetnya adalah mobil yang tidak sepenuhnya bergerak otomatis, melainkan masih bisa dikendalikan sesuatu keinginan pengemudinya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (14/12/2016), sekarang ada satu produsen yang bekerja sama dengan Google, yakni Fiat Chrysler. Tidak menutup kemungkinan akan ada lebih banyak lagi yang lainnya.

Meski pengembangan mobil otonomos secara internal sudah berhenti, sumber tersebut meyakini, ambisi Google sebenarnya belum padam. Perusahaan mesin pencari itu diprediksi masih akan merilis sebuah layanan taksi otonomos sebelum 2017 berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com