Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Teknologi dan Donald Trump, Dulu Saling Sindir Kini Saling Puji

Kompas.com - 15/12/2016, 15:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sesuai jadwal, Presiden AS terpilih Donald Trump menggelar konferensi bersama para petinggi industri teknologi Silicon Valley pada Rabu (14/12/2016) waktu setempat di Trump Tower, Manhattan, New York.

CEO Apple Tim Cook dan CEO Jeff Bezos turut hadir dalam pertemuan terbatas itu. Keduanya diketahui sempat bersitegang dengan Trump selama masa kampanye.

Namun, pemandangan yang terlihat selama konferensi berbeda 180 derajat. Bezos tak canggung memuji Trump ketika dimintai komentar usai konferensi.

"Pertemuan hari ini dengan Presiden terpilih, tim transisi, dan pemimpin teknologi sangat produktif," kata dia, sebagaimana dilaporkan CNBC dan dihimpun KompasTekno, Kamis (15/12/2016).

Sebelum Trump terpilih sebagai Presiden AS, ia pernah melontarkan kicauan-kicauan di Twitter yang menyindir Bezos. Misalnya ketika mengatakan Amazon pasti terseok-seok jika membayar pajak secara adil.

Bezos pun membalas kicauan itu dengan mengatakan ingin mengirim Trump ke luar angkasa. Saling sindir tersebut ramai diperbincangkan di media sosial, bahkan diberitakan berbagai media massa.

Baca: Bos Amazon Ingin Kirim Donald Trump ke Luar Angkasa

Beda halnya dengan Cook. Ia memang tak pernah menyindir Trump secara agresif seperti Bezos. Hanya saja, Cook dikenal sebagai pendukung garis keras Hillary Clinton.

Entah berkaitan dengan preferensi pilihan Cook atau tidak, yang jelas Trump beberapa kali mengumbar kekesalannya pada Apple. Trump bahkan berwacana memboikot produsen iPhone tersebut jika tak mau memproduksi barang-barangnya di AS.

Baca: 3 Masalah yang Bakal Dihadapi Apple Setelah Trump Jadi Presiden AS

Intinya, ada sensitivitas tertentu antara Trump dengan Cook dan Trump dengan Bezos, baik secara personal maupun kelembagaan. Dalam sekejap pasca Trump terpilih, sensitivitas itu pun hilang.

Bukan cuma Bezos yang melontarkan pujian. Trump pun tak segan-segan mengemukakan kekagumannya kepada para petinggi teknologi yang hadir. 

"Tak ada orang seperti kalian di dunia ini," kata Trump. Ia juga berjanji akan selalu ada jika dibutuhkan. Ia mendorong para petinggi industri untuk terus berinovasi demi kesejahteraan masyarakat umum.

Topik utama yang dibahas dalam konferensi terkait inovasi, infrastruktur, peluang lapangan kerja, serta kemudahan regulasi untuk bisnis teknologi khususnya soal pajak.

Tak bahas isu sensitif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com