Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Habiskan Uang Curian Rp 13 Miliar untuk Main Game

Kompas.com - 16/12/2016, 18:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Kalau sudah ketagihan main game online, uang berapa pun bisa dikeluarkan untuk hal-hal seperti membeli item lewat in-app purchase

Pria asal California, Amerika Serikat yang bernama Kevin Lee Co ini, misalnya, menghabiskan 1 juta dollar AS atau lebih dari Rp 13,4 miliar untuk permainan mobile Game of War.

Parahnya lagi, duit berjumlah besar itu bukan miliknya sendiri, melainkan hasil curian dari perusahaan alat berat Holt tempat Co bekerja sebagai akuntan.

Ketika diseret ke meja hijau, Co mengaku bersalah melakukan penggelapan dana dan pencucian uang. Nilainya secara total mencapai 5 juta dollar AS selama menjabat sebagai akuntan selama 6 tahun.

Duit hasil curian lantas dipakai berfoya-foya. Antara lain dengan membeli mobil mewah, melakukan operasi plastik, pergi ke pertandingan olahraga, dan bermain Game of War tadi.

Co pun menghadapi ancaman hukuman penjara total hingga 40 tahun, berikut denda senilai 750.000 dollar AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Jumat (16/12/2016).

Rencananya, Co bakal dijatuhi vonis pada pengadilan yang akan digelar pada 26 Mei 2017 mendatang.

Game of War yang menyedot sejumlah besar uang hasil curian Co merupakan game mobile yang bisa diunduh secara gratis, tapi menyediakan toko in-app di mana pemain bisa membeli aneka item untuk memajukan permainan.

Game ini tercatat menghasilkan pendapatan kedua terbesar pada 2016, menurut informasi dari Think Gaming.

Game yang mengandalkan model Kate Upton sebagai sarana promosi tersebut "memaksa" pemain agar membeli item lewat in-app purchase kalau tidak mau tertinggal dari pemain lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com