Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mudah Pindahkan Data dari iOS ke Android

Kompas.com - 16/12/2016, 20:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Tahun lalu, Apple meluncurkan aplikasi bernama "Move to iOS" yang memudahkan pengguna Android beralih ke iOS. Tak mau kalah, Google pun punya strategi serupa agar pengguna iOS lebih gampang pindah ke Android.

Raksasa mesin pencari tersebut memperkenalkan fitur baru pada Google Drive yang menyederhanakan proses transfer data dari iPhone ke smartphone Android.

Pengguna cukup mengunggah data-data penting di iOS ke Google Drive lalu mengunduhnya pada perangkat Android. Dari tahap awal hingga akhir, proses transfer data cuma butuh tiga langkah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Unduh aplikasi Google Drive di iOS

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Google Drive di iPhone. Pengguna bisa mengunduhnya melalui App Store di tautan berikut ini.

2. Backup data iOS ke Google Drive

Selanjutnya, tinggal masuk ke menu aplikasi, Settings, dan Backup. Antarmuka aplikasi Google Drive akan menampilkan semua data yang ingin ditransfer, mencakup kontak, kalendar, foto, dan video. Setelah memilih data-data yang diinginkan, tekan tombol virtual "Start Backup" dan proses pengunggahan (upload) pun dimulai.

Google Drive akan memberikan peringatan kepada pengguna bahwa proses backup (upload) bisa memakan waktu berjam-jam, tergantung banyaknya data dan besarannya. Jadi, pengguna dianjurkan mengoneksikan perangkat dengan Wi-Fi sembari menghubungkan smartphone dengan colokan listrik agar tak mati di tengah upload.

3. Sign in Google Drive di Android

Ketika proses backup selesai, pengguna cuma perlu masuk (sign in) ke akun Google di perangkat Android. Proses sinkronisasi akan otomatis bergulir, sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Jumat (16/12/2016).

Dengan adanya fitur baru pada Google Drive dan aplikasi Move to iOS, pengguna Android dan iOS tak perlu lagi kesusahan untuk berpindah perangkat. Dua layanan transfer tersebut juga mempertipis jarak dan eksklusivitas antar sistem operasi.

Move to iOS sendiri bisa diunduh di Google Play Store di tautan berikut ini.

iMessage tidak turut dipindah

Namun, ada yang kurang dari fitur backup di Google Drive. Pasalnya, data-data dari iMessage tak bisa turut dialihkan ke Android.

Hal ini yang menjadi keunggulan Move to iOS. Aplikasi keluaran Juni 2015 tersebut sudah bisa menyalin rekam jejak pesan di Android ke iPhone dengan mudah.

Jadi, bagi Anda yang tak mau rekam jejak iMessage hilang ketika beralih ke Android, sebaiknya menyalin satu per satu ke akun e-mail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com