Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Super Mario Run" Ungguli Rekor "Pokemon Go"

Kompas.com - 19/12/2016, 12:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahan analitik Apptopia mengatakan game Super Mario Run telah diunduh sebanyak 2,85 juta kali dalam satu hari (24 jam) setelah diluncurkan di platform iOS. Angka tersebut langsung mengungguli rekor unduhan yang pernah dicapai oleh Pokemon Go.

Para pengunduh game ini hanya berasa dari pengguna gadget buatan Apple (iPhone dan iPad), karena game ini memang baru tersedian di App Store saja.

Sedangkan Pokemon Go, pada saat perilisan perdananaya hanya berhasil mencapai 900.000 kali unduhan. Jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan capaian hari pertama Super Mario Run.

Namun, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (19/12/2016), sebenarnya capaian Super Mario Run wajar saja bisa mencapai sebesar itu. Pasalnya, pada hari pertamanya, game ini serentak tersedia di 150 negara.

Namun jika kedua game di atas dibandingkan dari sisi capaian semasa satu pekan pertama peluncuran, Pokemon Go masih unggul. Total unduhan Pokemon Go di Android dan iOS selama satu pekan mencapai 7,5 juta kali.

Bila ingin mengalahkan rekor Pokemon Go, setidaknya total unduhan Super Mario Run selama sepekan mesti lebih dari 7,5 juta kali. Bukan hal yang tidak mungkin, mengingat hingga berita ini ditayangkan, baru berselang empat hari sejak peluncuran perdana game Super Mario Run tersebut.

Perusahaan analitik lainnya, yakni Sensor Tower, memprediksi bahwa Super Mario Run bakal diunduh lebih dari 50 juta kali di seluruh dunia dalam waktu satu bulan sejak peluncuran perdana. Keuntungan yang dihasilkan ditaksir mencapai 71 juta dollar AS atau sekitar Rp 950,9 miliar.

Baca: Nintendo Rilis Super Mario Run di iOS, Kapan Android Kebagian?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com