Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan di WhatsApp Bakal Bisa Diedit?

Kompas.com - 20/12/2016, 07:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber IB Times

KOMPAS.com - Pernah mengirim pesan ke kontak yang salah di WhatsApp? Selama ini tidak ada yang bisa dilakukan kecuali pasrah apabila pesan sudah terkirim.

Tetapi, di waktu yang akan datang nanti, WhatsApp kabarnya bakal menyediakan fitur untuk mengatasi kerepotan di atas. Fitur dimaksud adalah kemampuan menyunting (mengedit) atau menarik pesan yang telah terkirim.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengelola akun Twitter bernama @WABetaInfo yang selama ini dikenal menyajikan informasi dan bocoran seputar aplikasi WhatsApp.

Menurut @WABetaInfo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IB Times, Selasa (20/12/2016), fitur penyuntingan dan penarikan pesan sudah ada di WhatsApp Beta versi 2.17.1.869 untuk iOS.

Sebuah video turut disematkan sebagai demonstrasi fitur yang bersangkutan. Dalam video tampak pengguna WhatsApp bisa menghapus pesan terkirim (ditandai dengan dua tanda centang) dengan opsi berbunyi "revoke message" di dalam aplikasi.

Video itu bisa dilihat di tautan berikut ini.

Apabila pesan terkirim memiliki attachment berupa dokumen teks, gambar, video, atau audio, maka lampiran itu akan turut terhapus begitu pengguna menarik pesan.

Fitur penyuntingan dan penarikan pesan yang sudah ada dalam WhatsApp iOS versi Beta tersebut saat ini dimatikan secara default karena masih terus dikembangkan.

Disebutkan pula bahwa penyuntingan dan penarikan hanya berlaku untuk pesan baru yang dikirim, bukan pesan lama. Akun @WABetaInfo tidak merinci seberapa lama umur pesan yang sudah tidak bisa disunting atau dihapus lagi.

Pihak WhatsApp sendiri belum mengeluarkan pengumuman resmi soal keberadaan fitur penyunting dan penarikan pesan.

Baca: Waspada, Penipuan Berkedok Aktivasi Video Call WhatsApp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IB Times

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com