Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Om Telolet Om" Jadi Perbincangan Seleb Dunia di Twitter

Kompas.com - 21/12/2016, 08:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber twitter

KOMPAS.com — Fenomena "om telolet om" masuk ke ranah internasional. Selebritas dunia seperti DJ Snake, Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, hingga Martin Garrix beramai-ramai mengicaukan frasa "om telolet om".

Bahkan, Hardwell membuatkan versi "om telolet om" ala dirinya yang seakan-akan menjadi sopir bus. Kicauan para selebritas pun mengundang rasa penasaran dari netizen dunia yang tak paham maksud "om telolet om". 

Kicauan DJ Snake tentang fenomena "om telolet om" di Twitter bisa dilihat di tautan berikut ini.

Sementara itu, video Hardwell di Twitter yang memeragakan "klakson telolet" bisa dilihat di tautan berikut ini.

ist Sejumlah selebritas dunia mengicaukan tentang fenomena "om telolet om" di Twitter.
Di Indonesia sendiri, fenomena tersebut sudah mewabah sejak beberapa bulan lalu di internet. Namun, gara-gara masuk ranah global, netizen Twitter jadi lebih agresif membahasnya di dunia maya.

Baca: Om Telolet Om Justru Jadi Juara di Trending Topic Dunia

Alhasil, tanda pagar #telolet menjadi Trending Topic urutan pertama di wilayah Indonesia pada Rabu (21/12/2016) pagi. Banyak yang membuat guyonan soal video-video "om telolet om" yang beredar, tetapi tak sedikit pula yang menyisipkan kritik.

"Telolet mengajarkan kita bahwa bahagia itu nyatanya simple. Makasih #telolet :))" tulis akun @infoseni_

"Fenomena Om #telolet Om, mungkin tercipta karena pemerintah gagal menciptakan hiburan buat rakyat, dan tv sudah semakin basi untuk dilihat," tulis akun @Kikngiang.

Mulanya, video-video "om telolet om" ramai dibagikan di Facebook. Video itu direkam oleh seseorang yang melihat kegirangan anak-anak di pinggir jalan menanti datangnya bus antar-kota.

Bunyi yang seakan menyebut kata "telolet" sendiri tak lain adalah bunyi klakson bus antar-kota. Anak-anak meminta si om sopir bus mengeluarkan bunyi "telolet" ketika melintas.

Maka dari itu, ujung-ujungnya fenomena ini disebut "om telolet om", mencontohkan permintaan anak-anak ke om sopir.

Pengunggah video "om telolet om" hendak menyampaikan bahwa kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal sederhana. Lama-kelamaan, banyak versi video "om telolet om" yang muncul dan jadi guyonan.

Tak cuma "om telolet om" dari bus antar-kota, ada juga dari penjual es krim yang tak kalah menggelitik. Sementara itu, beberapa orang membuat video "om telolet om" versi pesawat.

Baca: Kumpulan Video Kocak "Om Telolet Om" yang Ramai di Medsos


Baca: Jadi Tren, Muncul Komunitas Pemburu Klakson Telolet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber twitter


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com