Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Facebook Bikin Robot Serupa Asisten "Iron Man"

Kompas.com - 22/12/2016, 09:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com -"Selamat pagi, Jarvis," kata Zuckerberg begitu bangkit dari kasur. "Selamat pagi Mark. Ini hari Sabtu, jadi Anda hanya punya 5 jadwal rapat. Suhu ruang diatur di angka 20 derajat Celsius," balas sebuah suara yang tidak jelas dari mana asalnya.

Itulah sepotong dialog antara Mark Zuckerberg dengan robot berkecerdasan buatan (Artificial Intellligence, AI) bernama "Jarvis". Video interaksi Zuckerberg dengan Jarvis diunggah oleh sang pendiri sekaligus CEO Facebook minggu ini.

Jarvis adalah AI yang dirancang sendiri oleh Zuckerberg selama satu tahun, untuk berperan sebagai asisten. Berbentuk aplikasi mobile, Jarvis mampu melakukan berbagai kegiatan yang diminta oleh sang majikan melalui perintah suara. Perintah-perintahnya seperti mematikan lampu, memutar film, hingga mengajak main anak Zuckerberg, Max.

Nama Jarvis agaknya terinsporasi dari robot asisten digital Tony Stark (Robert Downey Jr.) dalam film Iron Man, yang memiliki sebutan serupa. Di film tersebut, Jarvis merupakan singkatan dari nama lengkap "Just A Rather Very Intelligent System".

Suara Jarvis ala Zuckerberg diisi oleh aktor kawakan Morgan Freeman. Dia juga memasukkan suara aktor Arnold Schwarzenegger sebagai selingan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (22/12/2016).

Dalam sebuah posting di Facebook, Zuckerberg menceritakan proses penciptaan Jarvis yang dibikinnya sendiri sebagai salah satu proyek pribadi untuk dipenuhi di tahun 2016. Dia turut menjelaskan apa saja teknologi yang ada di belakang kecerdasan buatan itu.

"(Jarvis) Menggunakan beberapa teknik artificial intelligence, termasuk pemrosesan suara alami, pengenalan dialog dan wajah, serta reinforcement learning yang ditulis dalam bahasa Python, PHP, dan Objective C," papar Zuckerberg yang memulai karir sebagai programmer.

Selain dengan suara, Jarvis juga bisa menerima instruksi dari Zuckerberg lewat pesan teks yang dikirimkan dengan Facebook Messenger. Kemampuan Jarvis kemudian didemonstrasikan lewat dramatisasi dalam video yang diunggah Zuckerberg.

Zuckerberg juga mengunggah video kedua yang menceritakan awal mula pengerjaan Jarvis di kediamannya. Video selengkapnya bisa dilihat di tautan ini dan tautan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com