Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Login ke Aplikasi Lain via Facebook Bisa Pakai Nomor Ponsel

Kompas.com - 22/12/2016, 15:23 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Facebook mengubah metode verifikasi login yang ada dalam Account Kit buatannya. Perubahan ini membuat pengguna bisa memakai nomer ponsel di profil Facebook, sebagai alat untuk login ke aplikasi lain.

Facebook Account Kit merupakan platform yang terpisah dari media sosial Facebook. Platform tersebut sudah lama ada, biasanya digunakan untuk verifikasi atau mendaftar layanan tertentu dengan akun Facebook.

Sebagai contoh, perhatikan metode login ke aplikasi seperti Tinder atau Spotify. Kedua aplikasi itu mengizinkan pengguna masuk (login) menggunakan akun Facebook.

Artinya, identifikasi pengguna Tinder dan Spotify dilakukan menggunakan platform Facebook Account Kit, dengan cara menarik data di profilnya.

Nah normalnya, perlu sebuah kode untuk memastikan pengguna Tinder atau Spotify itu adalah orang yang sama dengan pemilik akun Facebook. Kode tersebut biasanya dikirimkan melalui nomor telepon dan dipakai untuk login.

Baca: Bos Facebook Bikin Robot Serupa Asisten Iron Man

Kini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (22/12/2016), kode tersebut sudah tidak diperlukan. Facebook mengembangkan metode baru yang dapat membaca nomor telepon di profil pengguna, dan memakainya sebagai otentifikasi untuk masuk ke aplikasi lain.

Jika nomor telepon di profil Facebook sama dengan yang terdaftar di aplikasi Facebook untuk Android, maka pengguna akan lolos verifikasi identitas. Jadi tidak perlu lagi menunggu-nunggu kode verifikasi yang dikirimkan ke SMS.

“Kami yakin fitur baru ini akan membuat login menggunakan nomor ponsel jadi lebih mudah dan cepat. Terutama untuk pengguna di lokasi tertetu yang sulit menerima SMS,” ujar teknisi pemrograman Facebook, Ethan Goldman-Kirst.

Dia menambahkan, menurutnya hasil uji coba fitur baru ini menunjukkan bahwa conversion rate mencapai 97 persen. Artinya, sebagian besar pengguna mau memakainya.

Baca: Bos Facebook Batal ke Indonesia, tetapi Janji Lunasi Pajak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com