Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Gugat, Apple Hapus Produk Nokia

Kompas.com - 27/12/2016, 08:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Gugatan paten Nokia terhadap Apple berbuntut panjang. Pasca gugatan tersebut, Apple menghapus seluruh produk milik anak usaha Nokia, yakni Withings, yang semula ditawarkan melalui toko online miliknya.

Withings merupakan sebuah perusahaan kesehatan digital yang dibeli Nokia pada April 2016 lalu. Produk buatan Withings antara lain berupa timbangan yang terhubung dengan WiFi dan berbagai kebutuhan kebugaran lain.

Sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Selasa (27/12/2016), produk buatan Withings sama sekali tidak akan ditemukan di toko online Apple. Meski demikian, bukan berarti Withings raib begitu saja.

Baca: Nokia Gugat Apple soal Lisensi Hak Paten

Jika pengguna mencoba mencari berbagai produk Withings di situs Apple melalui Google, maka mesin pencari tersebut akan tetap menampilkannya.

Tapi saat diklik, tautan tersebut tidak akan terbuka, melainkan hanya menunjukkan kalimat yang menyatakan “produk yang Anda cari sudah tidak tersedia di Apple.com”.

Apple sendiri belum berkomentar terhadap penghapusan tersebut. Tidak diketahui pula, apakah Apple sengaja menghapus produk tersebut atau hanya kesalahan sistem belaka.

Sebelumnya, awal pekan ini, Nokia menggugat Apple dengan dugaan pelanggaran lisensi paten. Kasus pelanggaran ini diajukan ke pengadilan di Jerman, Finlandia, Inggris, Italia, Swedia, Spanyol, Perancis, Hong Kong, Jepang, dan Amerika Serikat.

Total ada 32 hingga 40 paten yang dipermasalahkan oleh Nokia. Perusahaan asal Finlandia itu mengatakan bahwa Apple selama ini membuat ponsel menggunakan teknologi milik Nokia. Tapi di sisi lain, Apple malah tidak membayar biaya lisensi.

Baca: Ini 32 Paten yang Membuat Nokia Gugat Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com