Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September 2017, Firefox Stop Dukung Windows XP dan Vista

Kompas.com - 27/12/2016, 10:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Peramban (browser) Firefox bersiap menghentikan dukungan kepada dua sistem operasi Windows lawas, yakni XP dan Vista. Rencananya, penghentian dukungan itu akan berlaku mulai akhir September 2017.

Pengumuman tersebut dimuat dalam postingan di blog resmi Mozilla, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (27/12/2016).

"Kami sangat menganjurkan pengguna untuk meng-upgrade versi Windows yang masih didukung Microsoft," tulis Mozilla.

Baca: Mozilla Nyatakan Putus Hubungan dengan Google

Penghentian dukungan artinya, browser tersebut masih tetap bisa dipakai di Windows XP dan Vista. Akan tetapi, Mozilla selaku pembuat Firefox tidak akan merilis update software di kedua platform sistem operasi Windows itu.

Hal ini bisa berbahaya apabila ditemukan lubang keamanan dalam browser tersebut. Mozilla tidak akan lagi menutup lubang keamanan tersebut dengan update, sehingga pengguna rawan diserang oleh hacker atau malware.

Untuk itu, Mozilla akan merilis Firefox versi Extended Support Release pada Maret 2017 nanti. Pengguna di kedua sistem operasi tadi akan otomatis dipindahkan ke varian ini yang akan membatasi update fitur.

Baca: Google Bikin Chrome Makin Ngebut di Windows

Langkah Firefox ini menyusul keputusan yang sama yang telah diambil oleh Google Chrome sebelumnya. Google diketahui telah menghentikan dukungan untuk browser Chrome di XP, Vista, Mac OS X 10.6, 10.7 dan 10.8 sejak April 2016 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com