Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo ThinkPad X1: Oleh Kami, Oleh Anda

Kompas.com - 03/01/2017, 17:06 WIB
Wisnubrata

Penulis

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Arsitek yang hebat adalah yang mendengarkan kemauan kliennya dan mewujudkannya dengan lebih baik. Filosofi itu rasanya tepat menggambarkan bagaimana Lenovo secara spesifik mendesain produknya sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dua belas bulan lalu, Lenovo meluncurkan jajaran ThinkPad X1. Dalam perjalanannya, berbagai inovasi dilakukan untuk semakin mendekatkan produk dengan kebutuhan pengguna. Karena produk ini dirancang berdasar masukan-masukan pengguna, maka Lenovo menyebutnya: Oleh Kami, Oleh Anda.

Salah satu yang menjadi masukan pengguna adalah soal mobilitas. Pekerja zaman sekarang berharap bisa bekerja di mana saja. Tidak seperti generasi sebelumnya, generasi milenial lebih suka jenis pekerjaan yang menyenangkan ketimbang sekadar gaji besar. Salah satu unsur menyenangkan itu adalah fleksibilitas dan mobilitas.

Oleh karenanya kebutuhan akan perangkat yang mendukung cara kerja ini menjadi penting. Masukan dari pengguna menyebut bahwa teknologi, ukuran, berat, dan bahan dasar harus sesuai.

Selain itu kegunaan, model penggunaan, dan konektivitas merupakan unsur riset utama yang memengaruhi pengembangan produk. Maka hadirlah ThinkPad X1 dengan berbagai variannya.

Baca: Lenovo Bersiap Caplok Divisi PC Samsung?

ThinkPad X1 Carbon

Yang pertama adalah ThinkPad X1 Carbon generasi kelima. Meski serupa dengan pendahulunya, tapi jika diperhatikan dari dekat, ternyata ukurannya lebih kecil karena layar 14 incinya dirampingkan dalam bentuk 13 inci.

Dengan berat kurang dari 1,14 kg, ThinkPad X1 Carbon terlihat sebagai laptop tipis, ringan, tetapi warna hitam dan silver serta bahannya memberi kesan kuat.

Uniknya, laptop ini dilengkapi TrackPoint yang ikonik sejak ThinkPad hadir pertama kali.

Hal lain yang menjadi masukan pengguna adalah soal daya tahan baterai. Pekerja milenial berharap bisa bekerja di mana saja tanpa harus direpotkan mencari colokan listrik. Karenanya ThinkPad X1 ditenagai baterai untuk menyala selama 15 jam.

Fitur lain yang tersedia adalah Qualcomm Snapdragon X7 LTE-A Wireless WAN, Port Thunderbolt 3 untuk keperluan transfer, port USB 3.0 tipe A, dan HDMI, serta docking yang diperluas dengan Thunderbolt 3 dan dock USB tipe C.

Dalam soal keamanan, ThinkPad X1 Carbon memiliki authentication biometrik dengan tambahan IR kamera yang dilengkapi fitur pengenal wajah dan sensor sidik jari sentuh.

Untuk fungsi belanja online, ThinkPad X1 Carbon dilengkapi biometric authentication for PayPal yang memungkinkan pengguna melakukan authentication dengan sidik jari dan bukan kata kunci.

ThinkPad X1 Carbon yang dijual mulai Rp 19 juta, tersedia mulai Februari 2017.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com