Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Liburan, iPhone Lebih Laku ketimbang Samsung Galaxy

Kompas.com - 03/01/2017, 18:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Musim liburan akhir tahun 2016 jadi berkah tersendiri bagi Apple. Pasalnya, berdasarkan penelitian lembaga riset Flurry, di kurun waktu tersebut ada banyak orang yang membeli iPhone.

Pada riset tersebut, Flurry tidak langsung mencatat jumlah penjualan Apple dan merek-merek lain. Namun mereka menghitung aktivasi aplikasi dan ponsel baru dari berbagai merek yang dijual di seluruh dunia. Perhitungan dilakukan selama sepekan menuju perayaan Natal.

Hasil perhitungan ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Selasa (3/1/2017), menunjukkan bahwa semasa liburan, 44 persen ponsel baru yang diaktifkan adalah iPhone. Samsung, lewat smartphone seri Galaxy, yang merupakan rival terkuatnya hanya mencatat 21 persen saja.

Baca: Apple Kurangi Produksi iPhone

Flurry persentase aktivasi ponsel hasil penelitian lembaga riset Flurry

Artinya, saat itu orang lebih memilih produk Apple, baik sebagai hadiah Natal dan tahun baru, atau produk yang dipakainya sendiri di musim liburan akhir tahun.

Sementara itu, para produsen ponsel lain mencatat persentase aktivasi yang lebih kecil. Huawei hanya mencatatkan 3 persen saja, sedangkan LG, Amazon, Oppo, Xiaomi, dan Motorola, masing-masing mencatatkan 2 persen.

Dari seluruh ponsel yang terjual di masa liburan, diketahui bahwa yang paling laris adalah ponsel dengan ukuran menengah, seperti iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7. Namun tingkat popularitas ponsel seperti ini menurun, dari 54 persen pada tahun lalu, kini menjadi 45 persen saja.

Baca: iPhone Made in India Diproduksi April 2017?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com