Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Beli Saham Mantan Anak Usaha Nokia, untuk Apa?

Kompas.com - 04/01/2017, 11:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Intel resmi mengumumkan pembelian 15 persen saham aplikasi pemetaan Here. Harga pembelian tersebut dirahasiakan.

Here sendiri selama ini dikenal sebagai layanan peta digital yang sempat menjadi anak usaha Nokia.

Lantas, apa tujuan Intel membeli Here? Raksasa prosesor itu membeli saham Here sebagai upaya pembuatan peta digital khusus untuk kendaraan otonomos. Peta digital yang dikembangkan dikatakan bakal presisi dan juga high-definition.

CEO Here Ed Overbekk mengatakan bahwa peta tersebut bakal diaplikasikan secara real-time, dapat memperbaiki pemetaannya sendiri, dan merupakan sebuah representasi dunia nyata dalam resolusi high definition.

Sederhananya, bayangkan saja sebuah peta yang secara otomatis terus diperbarui dan memiliki computer vision untuk memindai berbagai halangan di jalan raya.

Baca: Prosesor Baru Intel Core i7 Dioprek, Tembus Kecepatan 7 GHz

Dilansir KompasTekno dari Engadget, Rabu (4/1/2017), dulu Here dianggap sebagai permata berharga terakhir milik Nokia. Hingga akhirnya, perusahaan asal Finlandia itu memutuskan untuk menjualnya.

Uber sempat digosipkan berniat membeli Here. Namun pada akhirnya gosip itu tak terwujud. Here justru dibeli oleh konsorsium yang mewakili industri otomotif Jerman, dengan nilai 3,07 miliar dollar AS atau sekitar Rp 41,3 triliun.

Melihat kepemilikan tersebut, dapat diperkirakan bahwa peta high-definition yang akan digarap oleh Intel dan Here diterapkan di kendaraan otonomus milik produsen mobil asal Jerman.

Baca: Pokemon Go Sudah Bisa Dimainkan di Android Ber-CPU Intel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com