Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Ganti Nama Jadi Altaba?

Kompas.com - 10/01/2017, 08:19 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Setelah Yahoo diakuisisi oleh Verizon, nama Yahoo diusulkan untuk diganti menjadi Altaba Inc. Usulan tersebut termuat dalam laporan yang diserahkan Yahoo ke komisi sekuritas dan saham AS, Senin (9/1/2017).

Dalam dokumen laporan tersebut, tepatnya di Item 8.01 dikatakan, direksi Yahoo memutuskan untuk mengubah nama Yahoo menjadi Altaba Inc. Hal tersebut mengikuti penyelesaian transaksi akuisisi Verizon terhadap Yahoo.

Tor Braham, Eric Brandt, Catherine Friedman, Thomas McInerney, dan Jeffrey Smith, anggota direksi Yahoo saat ini, diusulkan sebagai direktur-direktur di Altaba. Brandt nantinya bakal bertindak sebagai pimpinan direksinya.

Komposisi dewan direksi Altaba juga dirancang agar sebagian besar diduduki oleh orang-orang Starboard, investor yang membujuk Yahoo untuk menjual perusahaannya. Smith dan Braham sendiri keduanya juga berasal dari Starboard.

Baca: Siapa Pemilik Yahoo yang Baru?

Walau demikian, seperti dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (10/1/2017), Verizon sebagai pemilik Yahoo yang baru ingin mempertahankan brand Yahoo yang telah populer untuk beberapa layanan konsumer online-nya.

Dengan rencana tetap dipertahankannya brand Yahoo tersebut, nama Yahoo bakal tetap ada.

Marissa Mayer berencana mundur

Dalam dokumen yang sama, CEO Yahoo Marissa Mayer beserta beberapa petinggi Yahoo juga disebut bakal melepas jabatan strategis mereka saat ini. Namun, keputusan ini belum final.

Yahoo diakuisisi oleh Verizon dengan nilai 4,83 miliar dollar AS (Rp 63 triliun) secara tunai. Penyatuan perusahaan internet dan operator telekomunikasi yang sama-sama berbasis di Amerika Serikat tersebut disepakati pada Juli 2016 lalu.

Baca: Marissa Mayer Lepas Jabatan di Yahoo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com