Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Apple Diprediksi Salip Microsoft untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 10/01/2017, 12:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Neowin

KOMPAS.com - Selama berdekade-dekade, angka pengapalan aneka perangkat komputer dan gadget buatan Microsoft seperti PC, tablet 2-in-1, dan ponsel selalu lebih banyak dari produk-produk serupa buatan Apple. Namun hal tersebut agaknya bakal segera berubah.

Lembaga riset pasar Gartner memprediksi pengapalan perangkat Apple yang mencakup komputer berbasis Mac OS dan gadget mobille iOS akan melewati Microsoft untuk pertama kalinya pada 2017.  

Pada tahun-tahun berikutnya, Gartner memperkirakan angka pengapalan perangkat Apple bakal lebih jauh meninggalkan Microsoft, sebagaimana diilustrasikan dalam grafik yang dirilis oleh lembaga tersebut.

Meski sempat mengalami penurunan pada 2016, menurut estimasi Gartner, pengapalan perangkat-perangkat Apple akan kembali tumbuh pada 2017 hingga mencapai angka 268 juta, sementara pengapalan perangkat Microsoft diperkirakan sebesar 252 juta unit.

Gartner Grafik ilustrasi prediksi pengapalan produk komputer dan gadget Apple hingga 2019 yang dirilis lembaga riset pasar Gartner.

Selisih pengapalan antara perangkat Apple dan Microsoft diprediksi akan melebar hingga mencapai 27 juta unit pada 2019 mendatang. Pengapalan perangkat Apple diproyeksikan terus tumbuh dari 2017 hingga 2019, sementara Microsoft relatif stagnan.

"Pasaran perangkat secara global mengalami stagnansi," komentar analis Gartner Ranjit Atwal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Neowin, Selasa (10/1/2017). "Pasaran PC sekarang mendekati titik terendah."

Meski diprediksi bakal melewati Microsoft, jumlah pengapalan perangkat komputer dan gadget Apple sebenarnya masih jauh di bawah Android yang menjadi penguasa pasar. Dari 2,3 miliar perangkat yang dikapalkan pada 2016, misalnya, Apple hanya menguasai 11,2 persennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Neowin
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com