Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Bukti Galaxy S8 Punya RAM 8 GB?

Kompas.com - 10/01/2017, 15:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Seperti komputer, kapasitas memori utama alias Random Access Memory (RAM) pada smartphone semakin meningkat. SK Hynix, misalnya, pekan ini memperkenalkan modul RAM untuk smartphone dengan kapasitas 8 GB.

Spekulasi pun bermunculan. Sebagian pihak menduga bahwa modul RAM bernama LPDDR4X ini bakal tertanam di smartphone kelas atas berikutnya dari Samsung, Galaxy S8.

Sebelumnya, Galaxy S8 yang diduga akan meluncur pada April mendatang memang pernah dirumorkan akan memiliki memori utama dengan kapasitas 8 GB.

Baca: Asus Rilis Zenfone AR, Android RAM 8 GB Pertama di Dunia

Perlu ditambahkan pula bahwa SK Hynix merupakan salah satu kompetitor utama Samsung di industri memori. Oleh sebab itu, diragukan bahwa raksasa elektronik Korea Selatan itu bakal menanam modul RAM SK Hynix di produk andalannya.

Meski begitu, setidaknya memori LPDDR4X bikinan SK Hynix ini membuktikan bahwa produksi RAM 8 GB untuk smartphone sudah memungkinkan dan telah dimulai.

Modul memori buatan SK Hynix terdiri dari dua chip 8 Gigabit yang diatur dalam konfigurasi dual-channel dan ditumpuk dalam empat lapisan. Kapasitas akhirnya adalah 64 Giigabit atau 8 Gigabyte, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (10/1/2017).

SK Hynix mengklaim modul memori ini memakan tempat 30 persen lebih sedikit sekaligus lebih efisien daya 20 persen dibandingkan modul RAM LPDDR4 yang ada sekarang.  

Baca: Samsung Tetap Untung Besar meski Galaxy Note 7 Meledak, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com