Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata AR Apple Didukung Carl Zeiss?

Kompas.com - 11/01/2017, 18:27 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sudah pasti akan membuat kacamata augmented reality (AR), yang berguna untuk memadukan imaji virtual dengan dunia nyata. Raksasa teknologi itu bahkan telah menggandeng Carl Zeiss untuk mewujudkannya.

Informasi mengenai kacamata AR ini diungkap oleh Robert Scoble, seorang blogger. Dia mengatakan mendengar kepastian soal rencana pembuatan kacamata tersebut dari seorang pegawai Carl Zeiss yang enggan disebut namanya.

“Seorang pegawai Zeiss mengonfirmasi bahwa perusahaannya dan Apple sedang bekerja sama membuat kacamata AR berbobot ringan. Kemungkinan perusahaan akan mengumumkannya pada tahun ini,” ujar Scoble.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (11/1/2017), sebenarnya, waktu perilisan kacamata buatan Apple dan Carl Zeiss ini belum dapat dipastikan.

Baca: Augmented Reality Jadi Inti Pengembangan Produk Apple

Sumber yang bekerja di Carl Zeiss mengatakan bahwa kemungkinan perilisan dilakukan pada tahun ini. Tapi di sisi lain, bocoran yang terungkap sejak November 2016 lalu telah mengindikasikan bahwa raksasa teknologi itu akan merilisnya pada 2018.

Namun seperti biasanya, hingga saat ini Apple tak mengonfirmasi atau bicara apa pun perihal keberadaan kacamata VR tersebut.

Setidaknya, jika kabar pembuatan kacamata AR tersebut benar, maka Anda baru akan bisa melihat dan memastikannya di 2017 atau 2018 mendatang.

Untuk diketahui, kacamata AR berbeda dengan kacamata atau headset virtual reality (VR). Keduanya memang sama-sama memakai teknologi virtual. Namun ketika memakai kacamata AR, orang masih bisa melihat dunia nyata di sekelilingnya, sedangkan kacamata VR hanya memperlihatkan realitas buatan saja.

Sebagai gambaran, Anda bisa membayangkan kacamata AR buatan Apple ini memiliki konsep yang sama dengan Google Glass.

Baca: Video: Menjajal Zenfone AR di Las Vegas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com