Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 Februari, Nokia Mau Rilis "Smartphone" Android Apa Lagi?

Kompas.com - 12/01/2017, 07:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com — Nokia baru saja comeback ke industri smartphone dengan meluncurkan perangkat Android bertajuk Nokia 6. Perusahaan yang sempat dimiliki Microsoft tersebut sepertinya sangat bersemangat sampai ingin buru-buru merilis smartphone lain.

Hal ini terendus dari posting-an akun Facebook resmi Nokia Mobile, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (12/1/2017). Di posting-an itu, Nokia mengajak khalayak bersiap untuk pengumuman baru pada 26 Februari 2017.

"Bersiaplah, Nokia 6 akan tersedia di China! Pengumuman lainnya akan ada pada 26 Februari.... Catat tanggal itu," begitu kalimat yang tercantum pada posting-an dan disertai video Nokia 6.

Belum ada informasi spesifik terkait smartphone apa yang bakal dirilis pada tanggal tersebut. Beberapa orang memprediksi smartphone itu tak lain adalah Nokia D1C yang rumornya sudah ramai beredar sejak akhir tahun lalu.

Baca: Nokia D1C, Ponsel Android Nougat dengan RAM 3 GB?

Ada juga yang mengartikan posting-an Nokia tersebut sebagai tanda bahwa smartphone Nokia terbaru juga akan tersedia di luar China. Sebelumnya, Nokia 6 telah diumumkan hanya tersedia untuk pasar China.

Nokia masih irit bicara soal rumor tersebut. Yang jelas, 26 Februari adalah sehari sebelum pembukaan ajang Mobile World Congress 2017 di Barcelona, Spanyol.

Agaknya Nokia ingin unjuk gigi dalam ajang tahunan tersebut dengan D1C yang digadang-gadang lebih premium ketimbang Nokia 6.

Nokia 6 sendiri merupakan ponsel mid-range dengan harga di kisaran Rp 3 juta. Meski demikian, ponsel itu dilengkapi fitur premium, seperti pemindai sidik jari dan kamera 16 megapiksel.

Baca: Pakai Android Nougat, Nokia 6 Secanggih Apa?

Nokia kembali ke industri smartphone berkat kerja sama dengan HMD Global dan FIH yang merupakan anak usaha Foxconn. HMD merancang mobile gadget di bawah bendera Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH.

Selain Nokia, vendor-vendor lain juga sudah menyiapkan smartphone andalan di MWC 2017. Dua di antaranya yang digembar-gemborkan adalah LG G6 dan Samsung Galaxy S8.

Belum ada kepastian soal berbagai isu yang berseliweran. Kita tunggu saja beberapa pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com