Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencipta Android Bikin Pesaing Google Pixel dan iPhone

Kompas.com - 15/01/2017, 12:36 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com — Di balik kesuksesan Android, ada sosok Andy Rubin yang merupakan pencipta sistem operasi tersebut. Rubin menjual Android ke Google pada 2005 dan bekerja di raksasa mesin pencari itu hingga 2014.

Kini, setelah lebih kurang dua tahun meninggalkan Google, Rubin siap menciptakan inovasi baru di industri smartphone. Ia membuat perusahaan baru bernama "Essential" dan mulai menjaring koneksi di ajang CES 2017 di Las Vegas, AS.

Rubin ingin membuat smartphone dengan desain bezel-less, layar melengkung, serta berbahan keramik. Ponsel itu diproyeksikan sebagai pesaing iPhone dan Google Pixel. 

Untuk mencapai tujuannya, Essential merekrut talenta terbaik dan Apple dan Google. Saat ini tim awalnya baru 40-an orang, sebagaimana dilaporkan Bloomberg dan dihimpun KompasTekno, Minggu (15/1/2017).

Premium dan andalkan AI

Selama dua tahun, Rubin sibuk mengembangkan artificial intellifence (AI), augmented reality (AR), serta proyek-proyek robotik di bawah bendera inkubator Playground Global.

Baca juga: Kisah Andy Rubin, Mantan Karyawan Apple yang Mengotaki Android

Ia berencana menyatukan semua kecanggihan teknologi yang selama ini ia kembangkan ke sebuah perangkat smartphone yang inovatif. Menurut dia, AI menjadi kunci dari semua itu.

"Semuanya tentang data dan sistem AI yang dilatih untuk belajar," ujarnya.

Rubin memberi ancang-ancang smartphone prototipenya nanti akan lebih besar dibandingkan iPhone 7 Plus dan memiliki bezel super-tipis alias bezel-less.

Tim Essential juga tengah menguji desain ponsel melengkung alias edge dengan balutan keramik. Desain demikian terbilang sulit untuk diwujudkan. 

Spesifikasi ponsel itu belum dijabarkan secara mendetail. Menurut sumber dalam, ponsel itu bakal punya konektor yang mampu mengecas ponsel sekaligus meningkatkan fungsi lainnya.

Ada juga konektor magnetik yang memungkinkan pihak ketiga membuat aksesori hardware yang menambah fitur ponsel. Misalnya saja add-on kamera 360 yang memungkinkan pengguna menjepret dan merekam konten 360 langsung di smartphone.

Kabar ini belum dibenarkan Rubin. Yang jelas, ponsel itu direncanakan akan hadir di pasaran pada pertengahan 2017 ini. Menurut sumber dalam, harga yang dibanderol bakal mirip dengan iPhone 7, yakni berkisar 649 dollar AS atau setara Rp 8,6 jutaan.

Baca: Harga Sama, Lebih Baik Beli Google Pixel atau iPhone 7?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com