Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pokemon Go" Raup Rp 12 Triliun pada 2016

Kompas.com - 18/01/2017, 18:43 WIB

KOMPAS.com - Periset pasar App Annie mengemukakan analisis mereka terhadap Pokemon GO yang ditaksir meraih 950 juta dollar AS (sekitar Rp 12,667 triliun) sepanjang 2016 setelah dirilis pada 5 Juli. Demikian dilansir Antara.

Pokemon GO menjadi game paling banyak diunduh di iOS dan Google Play meskipun dilarang di China dan dirilis belakangan di India.

Menurut App Annie, kesuksesan game tersebut terletak pada “kekayaan intelektual, mekanik sederhana, augmented reality dunia nyata dan menggunakan kehidupan sosial”.

Aplikasi tersebut juga menarik jutaan orang non-gamer sekaligus mendorong orang menghabiskan lebih banyak waktu mereka dengan ponsel dalam situasi yang tidak biasa, mislanya saat berjalan-jalan di taman.

Niantic mengakumulasi total jarak yang ditempun lebih dari 4,5 miliar mil atau 8,7 miliar kilometer.

Keberhasilan terbesar Pokemon GO menurut periset adalah mengumupulkan 800 juta dolar belanja konsumen dalam 110 hari, jauh lebih cepat dari game mana pun.

Sebagai perbandingan, Candy Crush Saga mencapai rekor lebih dari 250 hari, Puzzle & Dragon serta Clash of Clans masing-masing sekitar 400-500 ha

Baca: Ancam Keamanan Nasional, Pokemon Go Terlarang di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com