Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, WhatsApp Android Bisa Kirim Animasi GIF

Kompas.com - 24/01/2017, 07:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - November tahun lalu, WhatsApp menambahkan fitur pengiriman dan pengiriman animasi berformat GIF ke aplikasinya di iOS. Sekarang giliran WhatsApp Android mendapat kemampuan serupa.

Pantauan KompasTekno, dukungan GIF muncul di WhatsApp versi 2.17.27 yang sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store hari ini, Selasa (24/1/2017).

Baca: 10 Fitur Baru WhatsApp yang Dirilis pada 2016

Reza Wahyudi/ KOMPAS.com Notifikasi tentang update WhatsApp versi 2.17.27 di Android menampilkan dukungan file animasi GIF.
GIF adalah singkatan dari Graphics Interchangeable Format yang berupa looping animasi pendek tanpa suara.

Setelah dulu populer pada masa-masa awal kehadiaran internet, GIF belakangan kembali naik daun sebagai sarana untuk mengekspresikan mood atau membuat meme.

Cara mengirim GIF lewat WhatsApp mudah saja, bisa dengan memilih file bersangkutan di ponsel, menekan opsi “share”, lalu memilih WhatsApp. Cara pengirimannya sama seperti file gambar atau video jenis lain.
 

Oik Yusuf/ KOMPAS.com WhatsApp turut menyediakan fitur pencarian file GIF yang bisa diakses dengan cara yang sama seperti memilih emoji.
Begitu terkirim, WhatsApp di ponsel penerima akan menampilkan thumbnail file dengan label “GIF”. Animasi GIF akan dimulai begitu menerima meng-klik thumbnail tersebut.

WhatApp bisa mengirim dan menerima file GIF dengan animasi maksimal sepanjang 6 detik.

Selain mendukung pengiriman dan penerimaan animasi GIF, WhatsApp juga menyertakan search engine GIF terintegrasi yang menggunakan mesin Tenor atau Giphy.

Search engine GIF ini bisa diakses dengan menglik icon emoji di kiri kolom pengetikan pesan. Aneka pilihan GIF berikut fitur search akan ditampilkan di tab terpisah di samping kolom emoji.

Untuk mengunduh WhatsApp terbaru di Android, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Baca: WhatsApp untuk Android Diperbarui, Punya Fitur Streaming Video

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com