Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Kata Makian di Twitter, Hasilnya Malah Akun Donald Trump

Kompas.com - 26/01/2017, 09:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Bingung mencari akun Twitter Donald Trump? Ketik kata makian "as*hole" di kolom pencarian Twitter, niscaya akun Presiden Amerika Serikat itulah yang akan muncul di urutan pertama daftar rekomendasi.

Hal tersebut ramai menjadi pembicaraan di Twitter pekan ini. Belum diketahui mengapa pencarian kata makian tersebut bisa membuahkan rekomendasi akun Trump di handle @realDonaldTrump.

Yang jelas, kata makian kasar dalam bahasa Inggris tersebut biasa dipakai untuk mengacu pada orang yang menyebalkan.

Twitter Pencarian kata makian di Twitter membuahkan akun Donald Trump di hasil search.

Boleh jadi banyak pengguna Twitter yang memaki Trump dengan kata tersebut. Karena itu, lama-kelamaan, mungkin algoritma search Twitter mengasosiasikan kata "as*hole" dengan akun Trump, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (26/1/2017).

Baca juga: Trump Presiden AS, Silicon Valley Ingin Pisah dan Jadi Negara Sendiri

Memang, muncul juga rekomendasi akun-akun lain ketika pengguna mengetik kata makian tersebut di kolom pencarian Twitter.

Namun, kecuali Trump, para pengguna yang muncul dari hasil search itu memang sengaja mencantumkan kata "as*hole" dalam deskripsi profil sehingga wajar ikut ditampilkan. Sementara itu, Trump tidak dengan sengaja menyebut diri sebagai "as*hole".

TechCrunch Kecuali Trump, akun-akun lain yang masuk di hasil pencarian memang sengaja mencantumkan kata makian tersebut di profil.

Selain "as*hole", pencarian dengan kata kunci lain berupa "tiny hands" juga membuahkan akun Twitter Trump di daftar rekomendasi.

Trump sendiri sebenarnya sudah mendapat akun Twitter resmi Presiden AS di handle @POTUS (President of the United States), tetapi dia ngotot ingin tetap berkicau lewat akun pribadinya di @realDonaldTrump.

KompasTekno telah menghubungi Twitter Indonesia untuk meminta tanggapan soal pencarian kata makian yang membuahkan akun Donald Trump ini, tetapi belum memperoleh respons.

Baca: Tweet Pertama Obama Setelah Tak Jadi Presiden AS Dapat Jutaan Likes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com