Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Samsung, Xiaomi Juga Absen dari MWC 2017?

Kompas.com - 27/01/2017, 07:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Bukan cuma Samsung yang absen dari ajang Mobile World Congress 2017 di Barcelona, Spanyol. Xiaomi pun dikabarkan tak bakal merilis smartphone baru di ajang tahunan tersebut.

Hal ini dikemukakan sumber dalam yang enggan jika identitasnya diumbar. Jika benar, artinya flagship Mi5 yang diperkenalkan pada MWC 2016 belum akan diperbarui.

Padahal rumor tentang Mi6 sudah mulai beredar di internet sejak beberapa bulan lalu. Hingga kini Xiaomi sendiri belum mengonfirmasi isu ketidakhadirannya.

Namun, dugaan ini diperkuat dengan pengunduran diri Vice President Xiaomi, Hugo Barra, baru-baru ini, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Jumat (27/1/2017). (Baca: Hugo Barra Ungkap 3 Alasan Tinggalkan Xiaomi)

Menurut asumsi yang beredar, Barra tak mungkin keluar sebulan sebelum ajang MWC digelar jika Xiaomi telah mempersiapkan flagship penerus Mi5. Barra semestinya bakal bertahan, setidaknya hingga produk baru tersedia di pasaran.

Diketahui, performa Xiaomi di industri smartphone memang menurun sejak tahun lalu. Pabrikan China itu bahkan tak lagi mengumbar angka penjualan unitnya sepanjang 2016. Posisinya sebagai produsen smartphone "top 5" di ranah global pun tergeser oleh Oppo dan Vivo. (Baca: Matinya Ponsel Murah China)

CEO Xiaomi, Lei Jun, mengakui bahwa Xiaomi sedang memasuki periode transisi. Pasalnya, di tahun-tahun pertamanya, pertumbuhan bisnis Xiaomi terlalu tinggi sehingga kini sulit untuk melambung lagi.

Jun mengatakan Xiaomi akan memikirkan strategi baru untuk mengembangkan bisnis secara perlahan namun stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com