Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Absen 3 Tahun, Pencipta "Flappy Bird" Bikin Game Baru

Kompas.com - 27/01/2017, 16:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - "Flappy Bird" menyedot perhatian netizen pada akhir 2013 hingga awal 2014. Game mobile itu akhirnya ditarik dari peredaran oleh penciptanya, Dong Nguyen, karena dianggap terlalu bikin ketagihan.

Banyak yang menyalahkan Flappy Bird atas berbagai kejadian buruk, mulai dari ibu yang menelantarkan anak karena terlalu sibuk bermain, orang yang kehilangan pekerjaan, sampai belasan ponsel rusak dibanting anak-anak sekolah yang dibuat kesal oleh si toko burung terbang.

Baca: Kisah di Balik Game Flappy Bird yang Bikin Nyandu

Setelah lebih kurang tiga tahun, Nguyen akhirnya kembali merilis game mobile. Bertajuk "Ninja Spinki Challenges", game itu hadir dengan grafis 8-bit dan tersedia di Android maupun iOS.

Lantas, apakah Ninja Spinki Challenges bakal sama adiktif dan hebohnya dengan Flappy Bird? Belum ada yang bisa memastikannya sekarang karena game itu baru hadir dua hari lalu di Android, yakni pada 25 Januari 2017.

Pantauan KompasTekno, Jumat (27/1/2017),  sejauh ini game tersebut mendapat rating 4.6 di Google Play Store. Rating itu dihimpun dari 326 testimoni pengguna.

Sementara itu, di Apple App Store, rating-nya 4+ dari 13 orang yang memberikan testimoni. Ninja Spinki Challenges baru hadir satu hari, yakni 26 Januari 2017, di platform iOS.

Nguyen mengembangkan game mobile teranyarnya dengan merangkul studio game Jepang, yakni Obokaidem. Berbeda dengan Flappy Bird yang tujuannya cuma mengumpulkan score tertinggi tanpa akhir, Ninja Spinki Challenges mengenal kata tamat.

Game tersebut berisi enam mini-game yang masing-masing punya tantangan alias challenge yang harus dilewati. Seperti game challenge lainnya, mula-mula pemain akan merasa permainan mudah lalu lama-lama jadi sulit, sebagaimana dilaporkan GSMArena.

Tiap mini game punya dua mode, satu menggunakan waktu, satunya lagi tak punya batasan waktu. Mekanisme bermainnya mengandalkan tekanan (tap) dan sapuan (swipe).

Game ini tersedia secara gratis di Play Store maupun App Store. Selamat mencoba!

Baca: Kronologi Flappy Bird, dari Kelahiran hingga Kematian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com