Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Teknologi Serupa Rokok Elektrik

Kompas.com - 29/01/2017, 17:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple mendaftarkan paten untuk teknologi vaporizer atau biasanya disebut rokok elektronik. Paten didaftarkan sejak tahun lalu, namun baru dipublikasikan The US Patent and Trademark Office pada pekan ini.

Pada dokumen, Apple menjelaskan desain paten itu untuk mengatur suhu saat melepaskan suatu zat dalam sebuah tabung. Desain tersebut juga dapat menjaga udara agar tidak keluar dari ruang zat yang sedang menguap.

Anda barangkali akan berasumsi bahwa Apple sedang merancang sebuah perangkat iVape yang mendefinisikan kembali mekanisme rokok eletronik. Hal itu bisa saja benar, namun bisa juga salah.

Hingga kini Apple sendiri belum mengumbar tujuan spesifik dari paten vaporizer. Apakah teknologi itu bakal berdiri sendiri sebagai sebuah perangkat elektronik? Atau bakal diintegrasi dengan perangkat lain?

Yang jelas, Apple tengah mengembangkan teknologi mobil pintar. Paten ini bisa jadi merupakan bagian alias komponen pada mobil tersebut, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Minggu (29/1/2017).

Sebab, teknologi vaporizer belum tentu merujuk pada rokok elektronik, meski kebanyakan dipakai untuk itu. Implementasi lain dari teknologi vaporizer bahkan bisa untuk menciptakan hologram interaktif.

Untuk melihat penjelasan paten secara lengkap, silakan buka tautan ini.

Apple sepertinya sengaja membuat masyarakat bertanya-tanya. Belum jelas kapan paten itu akan direalisasikan. Seperti paten-paten lainnya, bisa saja paten teknologi vaporizer Apple cuma bakal jadi paten semata. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com