Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipesan lewat Aplikasi Go-Jek, Taksi BlueBird Jadi Lebih Murah

Kompas.com - 01/02/2017, 07:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Layanan taksi BlueBird kini bisa dinikmati dengan harga yang lebih murah. Hal ini dimungkinkan melalui kerja sama dengan layanan ride-sharing Go-Jek.

"Kami percaya kolaborasi antara Go-Jek dan Blue Bird ini akan membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan transportasi roda empat yang aman dan nyaman. Apalagi, Blue Bird terkenal sebagai penyedia layanan transportasi yang nyaman dan reliabel," kata CEO Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Rabu (1/2/2017).

Pengguna aplikasi Go-Jek yang memesan mobil via fitur Go-Car bisa saja mendapat taksi BlueBird. Harga yang ditetapkan akan sama, dan pengguna bisa memanfaatkan diskon dari saldo dompet digital Go-Pay.

Diketahui, selama ini harga yang diberlakukan layanan ride-sharing semacam Go-Jek berada di bawah tarif taksi semacam Blue Bird.

Go-Car mematok tarif Rp 2.000 per kilometer dengan tarif minimum Rp 8.000. Sementara itu, tarif buka pintu alias flag fall taksi Blue Bird dipasang Rp 6.500, dan tarif per kilometernya Rp 3.500.

Go-Jek Go-Car berintegrasi dengan taksi BlueBird
"Sekarang, dengan mengorder Go-Car, Anda akan mendapat Go-Car terdekat atau BlueBird dengan harga pasti yang sama dan diskon Go-Pay," begitu tertera pada notifikasi yang muncul ketika hendak memesan Go-Car, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (1/2/2017).

Konsumen bisa mendapatkan tarif yang lebih murah lagi jika menggunakan uang elektronik Go-Jek, Go-Pay. Diskon Go-Pay saat ini bernilai 30 persen dari harga yang ditentukan ketika memesan layanan Go-Car.

Misalnya, Anda beranjak dari tempat A ke tempat B dengan tarif 10.000. Saldo Go-Pay Anda cuma akan terpotong Rp 7.000.

Meski sudah tercantum pada notifikasi, belum jelas apakah integrasi Blue Bird dengan Go-Jek sudah mulai berjalan atau masih dalam tahap persiapan. Yang jelas, untuk mendapatkan notifikasi, Anda harus terlebih dahulu memperbarui layanan Go-Jek via Play Store atau App Store.

Kerja sama antara layanan ride-sharing dan taksi konvensional bukan cuma terjadi kali ini. Sebelumnya, Uber dan taksi Express Group sudah lebih dulu menjalankan konvergensi layanan. (Baca: Pesan Uber, Pengguna Bisa Saja Dapat Taksi Express)

Mekanismenya pun mirip. Pengguna aplikasi Uber bisa saja dilayani dengan taksi Express Group ketika memesan UberX. Biaya dan syarat ketentuan UberX pun berlaku untuk perjalanan dengan taksi Express Group.

Baca: Ini Daftar Investor Rp 7,2 Triliun Go-Jek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com