Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembaruan Software Bikin PlayStation 4 Makin "Ngebut"

Kompas.com - 04/02/2017, 14:10 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Sony segera merilis pembaruan firmware 4.50 untuk konsol PlayStation (PS) 4. Dalam firmware yang memiliki nama kode "Sasuke" itu, Sony bakal menghadirkan sebuah fitur yang membuat konsol andalannya makin "ngebut".

Nama mode tersebut adalah Boost Mode. Ia mampu meningkatkan kinerja CPU dan GPU agar frame rates dan juga waktu loading meningkat untuk beberapa judul game tertentu.

Meskipun begitu, mode tersebut baru akan hadir di PS 4 versi Pro, yang notabene memiliki CPU lebih kencang dari versi original. Game yang mendukung Boost Mode tersebut pun hanya yang sudah dirilis sebelum PS4 Pro hadir.

Baca: Update Besar PS4 Bisa Diunduh, Apa yang Baru?

"Game yang memiliki berbagai frame rate bisa saja mengambil keuntungan (dari mode tersebut) untuk frame rate yang lebih tinggi, dan waktu load lebih pendek di beberapa game juga," kata perwakilan Sony, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Sabtu (4/2/2017).

PS4 tidak akan secara otomatis meningkatkan GPU dan CPU yang ada. Nantinya, pengguna bisa mengaktifkan mode tersebut di menu sistem.

Perusahaan asal Jepang itu masih bungkam perihal game apa saja yang akan mendukung mode "ngebut" tersebut. Diperkirakan, game lama seperti Bloodborne dan The Witcher 3: Wild Hunt yang akan memanfaatkan fitur tersebut.

Selain Boost Mode, firmware 4.50 akan membuat PS 4 mendukung media penyimpanan eksternal dengan kapasitas hingga 8 TB (harus lewat koneksi USB 3.0). Dengan adanya dukungan ini, pengguna nantinya bisa menginstalasi game langsung di media penyimpanan eksternal, tidak di harddisk internal PS 4.

Baca: Berapa Harga PlayStation 4 Slim Warna Putih?

Firmware Sasuke juga mengizinkan pengguna untuk memasang wallpaper sendiri. Selain itu, Sony juga akan memperbarui tampilan Quick Menu. Fitur dukungan harddisk eksternal, wallpaper custom, dan tampilan baru Quick Menu nantinya bisa dijajal di PS 4 dan PS 4 Pro.

Sayangnya, Sony tidak mengumumkan tanggal pasti hadirnya firmware 4.50.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com